Membuat USP dalam produk atau jasa anda

Membuat USP dalam produk atau jasa anda

Kenapa pelanggan anda membeli dari anda bukan ke kompetitor?
Pernahkah anda menanyakan pertanyaan tersebut? jika iya saya ucapkan selamat ! berarti anda sudah mengerti pentingnya memiliki data yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Karena bisnis bukan untuk jangka pendek namun bagaimana bisa bertahan hingga bisa diwariskan ke anak dan cucu. Sehingga perlu strategi & menejemen untuk bisa bertahan lama hingga 100 tahun lebih.

Namun Jika belum maka anda harus segera mulai mengajukan pertanyaan tersebut pada diri anda dan komunikasikan dengan team atau staff anda untuk menggali, yaitu kenapa pelanggan membeli dari saya bukan dari kompetitor?

Jika anda tidak mengetahui jawabannya, saya bisa berikan kemungkinan ada 2 hal.
Pertama kemungkinan hanya anda yang memberikan keunikan,keunggulan dan benefit / manfaat yang tidak pelanggan/kastemer temukan dari kompetitor anda, namun anda sendiri tidak menyadari memiliki keunikan & keunggulan, ibaratnya orang melihat kelebihan anda, namun anda sendiri tidak tahu kelebihan tersebut.

Kedua kemungkinan anda beruntung karena pelanggan baru mengetahui hanya anda yang menjual atau menyediakan kebutuhan yang pelanggan sedang cari, sehingga tidak ada pilihan maka pelanggan membeli dari anda.  Namun akan menjadi lain jika pelanggan kemudian hari menemukan ada beberapa pedagang/tempat yang menyediakan kebutuhan yang dicari pelanggan akan mulai mempertimbangkan mencoba ditempat lain.

Jika anda tidak memiliki "keunggulan" maka pelanggan akan pindah ke lain hati (kompetitor) dan bicara keunggulan ini bisa kompleks, karena keunggulan ini ada di benak pikiran pelanggan dan seringkali pelanggan tidak mengutarakan. 

Contoh semisal kenapa pelanggan lebih memilih ke cafe A dibandingkan ke cafe anda, karena tidak mungkin anda bertanya satu-satu kepada pelanggan cafe A kenapa anda lebih suka ke cafe A dibandingkan cafe saya.

Untuk membuat prospek dan pelanggan mencoba produk/layanan yang anda tawarkan, anda harus menggali manfaat dan keunggulan yang tidak ditawarkan kompetitor anda. Ini disebut USP atau Unique Selling Proposition. 

Anda harus menggali USP yang bisa anda tawarkan untuk pelanggan anda sekarang dan pelanggan dimasa datang, sehingga pelanggan merasa nyaman,betah,suka,loyal ber bisnis dengan anda. Dan ini tidak harus menggubah produk, sekali lagi menggali USP tidak harus menggubah produk.

Caranya adalah...
Identifikasi manfaat/keunggulan atau hasil yang paling diinginkan klien/pelanggan dari anda. Anda tidak perlu merubah produk atau layanan/jasa, tetapi anda harus mem POSISI kan produk atau jasa anda memiliki keunikan, manfaat yang tidak didapatkan dari kompetitor. 

Coba anda mengamati dan memperhatikan Aqua, Cleo, Vit, Ades apa yang membedakan diantara keduanya yang mengakibatkan mereka menguasai market share dan juga customer share.

Memiliki "Penawaran" yang kuat dan dikomunikasikan secara tepat,efektif. Antara Aqua,Cleo,Vit,Ades produknya sama yaitu air minum sehat namun USP , Penawaran dan strategi komunikasinya berbeda.
Disinilah mulai terjadi persaingan merebuat Market share & Customer Wallet Share.

Banyak pengusaha skala UKM yang bisnisnya berjalan lama namun stagnan atau bahkan malah semakin menurun, karena tidak memahami tentang pentingnya strategi dalam Marketing dan Sales, termasuk yang diantara adalah menggali dan menemukan USP serta membuat Penawaran yang menancap kuat dengan identitas bisnis (produk/jasa).

Komentar

Postingan Populer