Taktik menjual bisa dipilih sesuai budget

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari pemilik usaha atau bisnis saat mendapatkan keberatan dari konsumen atas harga produk yang di tawarkan.

Meski sudah di jelaskan dan diberikan pengertian bahwa harga mahal karena sesuai dengan kwalitas bahan,design,lama pengerjaan dll. Sehingga tidak bisa terlalu murah dari penawaran konsumen.

Namun konsumen tetap bersikukuh bahwa harga terlalu mahal, akhirnya karena tidak ada kesepakatan sehingga tidak terjadi penjualan. Apalagi konsumen menganggap bahwa bisa di dapatkan di tempat lain yang bisa memberikan harga lebih murah.

Berikut ini adalah poin-poin penting yang bisa anda terapkan. Untuk meningkatkan presentasi closing atau penjualan.

- Memberikan banyak opsi, semakin banyak makin bagus, misal anda menjual tas maka anda jejer 5-10 jenis tas dengan harga paling murah hingga sampai yang termahal.

Anda buat interaksi pelanggan dengan meminta meraba jenis bahan,struktur jahitan dll, tujuannya agar konsumen membuka "blok" harga mahal dengan kenyataan dan opsi pilihan.

Dan secara praktek metode ini memang efektif, juga bisa diterapkan oleh hampir semua jenis bisnis, semisal toko beras,ATK,Hotel,Kain dll.

Bagaimana jika online, secara fundamental sama,yaitu dengan interaksi chatting atau telpon berdasarkan data setiap produk.

- Memberikan opsi beli banyak, jika konsumen beli banyak akan lebih murah

- Layanan terbaik dan garansi, memberikan layanan terbaik dan garansi terhadap produk, karena banyak konsumen memilih rela membayar sedikit lebih mahal di karenan layanan anda lebih ramah,cepat dan terbukti produk anda memang sesuai dengan yang anda sampaikan.

Anda juga bisa melakukan evaluasi produksi dan supplier untuk mendapatkan harga lebih murah, sehingga anda bisa menjual lebih murah, cari tahu jika kompetitor bisa jual murah kenapa dan apa alasannya.Apakah bagian dari strategi untuk merebut pasar atau memang karena cost mereka lebih murah disebabkan tahu cari pemasok murah.

Ini adalah bagian daripada ilmu menjual yang wajib diketahui oleh para orang sales atau setiap orang yang punya bisnis.
untuk melakukan closing atau penjualan, dan untuk menerapkan ini butuh pemahaman , latihan dan perencanaan strategi.

Jadi sebenarnya bisnis memang adalah tentang memiliki ketrampilan/skills dan kompetensi yang sesuai dengan bidang bisnis yang anda geluti.

Komentar

Postingan Populer