Mengembangkan Bisnis

Ada banyak cara dalam mengembangkan Bisnis atau usaha anda.

Namun yang paling penting sebelum anda memutuskan membuka gerai atau cabang baru adalah mempersiapkan sistem & menejemen termasuk membaca potensi masalah yang bisa terjadi. Seringkali malah setelah buka cabang baru atau punya banyak gerai malah bisnis mulai bermasalah.

Hal ini bisa diantisipasi dengan mempersiapkan kompetensi serta sistem. Ibaratnya saat anda pertama buka warung atau kedai makan dengan 10 kursi kemudian berkembang menjadi 100 kursi tentu beda kesulitannya.

Kebanyakan pengusaha ingin membuka cabang baru dengan tujuan memperbesar uang masuk dan memperbesar market share. Ini boleh-boleh saja, namun sekali lagi persiapkan dengan matang.
Karena saat anda membuka gerai atau cabang baru tentu butuh investasi yang tidak sedikit untuk sewa tempat, renovasi ruangan, dekorasi, rekrut SDM baru dan lain-lain.

Sayang kalau belum balik modal sudah keburu tutup, apalagi jika modalnya dari hutang dengan bunga ber bunga itu akan menjadi masalah besar menganggu cashflow dan pikiran anda. Pernah saya memberikan saran seorang kenalan agar mempersiapkan bisnis cafe yang akan dibuka karena selama ini hanya pengalaman di tour & travel, namun beliau mengatakan dicoba saja. Dan belum ada 2 tahun sudah tutup dan menurut penuturan beliau belum balik modal.

Komentar

Postingan Populer