Membenahi masalah Bisnis Kuliner

Membenahi masalah Bisnis Kuliner

Bagi anda yang memiliki bisnis kuliner dan kebetulan menemukan artikel ini, semoga memberikan manfaat untuk menambah wawasan dalam mengelola bisnis kuliner anda.

Dalam satu kelas workhsop terbatas, yang pernah saya adakan di kota surabaya. Kebetulan yang banyak hadir adalah pengusaha yang memiliki usaha di bidang kuliner baik makanan kemasan, makanan siap jadi, makanan harian dan juga minuman.

Hanya 10 % dari 25 peserta yang memiliki bisnis kuliner yang berumur diatas 7 tahun.

Saat sesi sharing masalah dan kendala bisnis kuliner yang pernah di alami atau sedang dialami, saya menemukan fakta bawa 90% tidak memiliki sistem dan strategi, serta memiliki masalah di keuangan.

Bisnis kuliner ini cukup di minati karena bisa di mulai dengan modal kecil dan bisa langsung dirasakan untungnya, kata beberapa peserta saat diminta alasan memilih terjun di bisnis kuliner.

Namun juga memiliki masalah yang tidak sedikit, diantaranya kebanyakan peserta bertanya, bagaimana cara meningkatkan omset penjualan di bisnis kuliner ini coach? atau bagaimana membenahi masalah bisnis kuliner yang kritis

Sementara mereka mengatakan sudah mencoba banyak cara mulai menggunakan internet marketing atau online marketing hingga cara konvensional semisal sebar brosur,iklan radio,spanduk dll.

Biasanya para pengusaha kuliner merasa bingung kenapa kok tidak ada perubahan omset padahal sudah iklan dan promosi secara massiv

Dari sini saya langsung menduga ada yang salah atau kurang pas dalam memahami Marketing,Iklan dan Promosi yang efektif dan berdampak kepada peningkatan omset penjualan.

Diantara mereka tidak mengetahui alasan kenapa orang membeli kepada mereka dan kenapa orang tidak membeli dalam waktu yang lama. Padahal kalo ini dilakukan akan berdampak luar biasa dalam membenahi masalah Bisnis kuliner

Mulai menganalisa 
Anda harus mulai menganalisa dari setiap proses bisnis kuliner, seperti cara masak, cara belanja, cara menyimpan stok, cara merekrut karyawan, cara memberikan job ke karyawan, cara menggaji karyawan, menyusun strategi marketing, membuat metode peningkatkan prospek, menyiapkan program kampanye branding kuliner anda dengan hemat dan efektif. dan lain - lain.

Semakin anda mengenali resiko dan menyiapkan antisipasinya maka semakin besar peluang sukses, itu sebabnya pengusaha yang sudah bisnis lebih dari 10 tahun sudah mengerti menutup kerugian-kerugian serta mengantisipasi musim-musim penurunan penjualan.

Komentar

Postingan Populer