Pentingnya Marketing dalam Bisnis

Pentingnya Marketing dalam Bisnis

Seringkali saya mendapati bahwa banyak pemilik usaha skala UKM yang kurang atau bahkan tidak memahami pentingnya Marketing dalam membuat Bisnis bisa sukses. Kalau mengutip ucapan Peter F Drucker yang mengatakan bahwa yang menghasilkan pemasukan atau Uang dalam Bisnis adalah Inovasi dan Marketing.

Coba anda amati, apakah anda menemukan kesulitan memasarkan bisnis anda? apakah anda merasa bahwa anda punya produk yang bagus, enak, berkwalitas namun kok sulit sekali menjual lebih banyak. 

Banyak Pengusaha terutama UKM yang tidak memiliki Sistem yang baik tentang menjalankan bisnis diantaranya adalah kurang peduli terhadap pentingnya Marketing & Branding

Mereka terlalu fokus mengurusi produksi. Untuk awal-awal memulai usaha memang wajar jika menjadi single fighter, alias semua di kerjakan sendiri. Namun sampai kapan ? dan apa tidak capek ngurusi semua sendiri mulai belanja, produksi hingga menjual, packing hingga mengantar ke pelanggan.


Namun saat penjualan mulai turun dan semakin sulit menjual, baru kelabakan kebingungan mencari tahu kenapa kok bisa turun. 

Lalu mulai membuat program promosi dan pasang iklan baik secara online dan yang offline. Namun hasilnya tetap tidak mengubah banyak terhadap omset penjualan.

Sebenarnya kalau mau saya katakan saat ini produk yang bagus, lokasi yang strategis tidak menjamin akan terus bisa bertahan di dunia bisnis, jika tidak memiliki menejemen dan marketing yang baik dalam artian efektif dan efisien.

Komentar

Postingan Populer