Pentingnya evaluasi bulanan

Evaluasi bulanan. Penting atau sangat penting.
Menjadi standard coaching yang saya terapkan dan ini bagian dari memberikan pelajaran kepada pemilik business tentang bagaimana menjalankan, mengelola dan mengevaluasi bisnis dengan laporan excel.

Sehingga bisa mengetahui progress dan improvement atau pencapaian. Waktu terus berlalu dan sering ada gagasan2 yang dijalankan masih belum maksimal karena ada kendala2, sehingga perlu di analisa apakah masih bisa diteruskan karena masih dalam tahapan "bisa di toleransi" atau harus stop dan ubah. Dan ini berlaku untuk semua jenis bisnis.

Semisal saya memberikan sharing tentang memahami core business dan menemukan "jenis" bisnisnya. Contoh real saat saya menjelaskan kepada klien yang punya usaha kuliner bahwa jenis bisnis kuliner yang di masukinnya adalah "fashion food" maka harus inovatif dalam mendesign makanan yang tidak hanya enak namun mampu menjual sendiri tanpa harus di promosikan.

Lalu dengan membaca laporan penjualan ditemukan jenis makanan yang favorit, minuman yang favorit, kemudian di explore lagi hpp, net profit serta karakter pelanggan. Ini utk mempersiapkan pembuatan menu baru yg memang harus dilakukan jika bisnis di fashion food.

Evaluasi bulanan juga membaca pergerakan harga dari supplier serta pergerakan stok.
Evaluasi bulanan juga utk memantau karyawan apakah si A itu tepat di frontliner atau harus di pindahkan, harus di konseling utk peningkatan dll

Evaluasi untuk memastikan bahwa semua berjalan sesuai rencana atau tidak. Semoga bermanfaat.
Publised via Smartphone

Komentar

Postingan Populer