Menganalisa Proses dalam bisnis

Pentingnya Menganalisa Proses dalam Bisnis.

Seringkali pengusaha tidak menyadari bahwa banyak masalah pemborosan waktu, SDM dan biaya dikarena proses bisnisnya salah. Hal ini seringkali saya temukan, kalau sudah begini ibaratnya mengisi air di bak yang bocor. Apalagi jika bocornya besar, sia-sia mengisi air karena akan keluar terbuang.

Coba amati dengan seksama apakah anda sudah menjalankan bisnis dengan alur yang tepat, semisal bisnis konstruksi apakah ada potensi masalah di pemborosan SDM, tidak efektif waktu dan potensi terjadi kerugian karena skema pembayaran dari klien anda yang biasanya menggunakan DP kurang dari 30%.


Intinya anda harus mengetahui secara detil potensi-potensi masalah dan mengantisipasinya, karena percuma jika anda menjalankan strategi pemasaran atau marketing dan berhasil mendatangkan banyak klien, tetapi dari sisi operasional hingga delivery terjadi masalah, akhirnya orang akan kapok, dan kalau sudah begitu akan sulit lagi untuk menumbuhkan trusted, butuh energi dan biaya yang besar untuk menumbuhkan kepercayaan baru atau rebranding.

Komentar

Postingan Populer