Kesalahan Penyebab Bisnis anda bangkrut

Kesalahan Penyebab Bisnis anda bangkrut

Kali ini saya akan sharing tentang apa saja penyebab bangkrut, berdasarkan pengalaman sendiri dan juga selama saya menangani klien-klien yang mengalami masalah bisnis. Coba anda analisa apakah faktor-faktor berikut ini anda alami saat ini, jika iya segera benahi sebelum makin terpuruk dan bangkrut.

  1. Terlalu emosional dalam mengambil keputusan. Pernahkah anda mengambil keputusan dalam bisnis/usaha yang melibatkan harus mengeluarkan uang dan ternyata anda tidak cukup uang lalu, anda merasa jika tidak diambil maka peluang / project itu akan lenyap, lalu anda nekad berhutang kepada orang karena butuh uang cepat untuk pembiayaan project meski dengan bunga yang "tinggi". Dan setelah anda mendapatkan uang pinjaman tersebut untuk digunakan dalam project yang anda anggap akan memberikan keuntungan besar, ternyata hasilnya "meleset" bahkan bukannya keuntungan malah anda terseret hutang baru lagi. Dan biasanya setelah ini akan berlanjut dengan kondisi "Panik" karena kerugian menyebabkan gangguan cashflow,beban hutang lalu akhirnya kebanyakan pengusaha akan mengambil hutangan baru lagi, dan begitu seterusnya sehingga makin terlilit hutang dengan bunga ber bunga.
  2. Menjalankan Bisnis tidak dengan ketrampilan mengelola bisnis, namun dengan uang banyak. Ternyata terlalu banyak modal uang juga tidak menjamin bisnis itu bisa berjalan dengan baik, malah justru bisa membuat pemilik bisnis terjerumus masalah dan lilitan hutang. Coba anda amati selama ini, apakah anda telah menjalankan bisnis dengan ilmu bisnis yang tepat , memiliki strategi yang efektif dan efisien? Atau hanya mengandalkan uang. Bahkan saat merasa kurang modal dan diberikan tambahan modal hutang ternyata juga tidak bisa memperbaik bisnis malah membuat modal macet dan hutang.

Sebenarnya masih ada faktor-faktor lain penyebab bisnis bangkrut, namun paling utama adalah tidak memiliki ilmu menjalankan bisnis dan strategi pertumbuhan bisnis, cenderung dikit-dikit uang meskipun harus hutang dengan bunga tinggi.

Komentar

Postingan Populer