Toko buka tapi terlihat tutup

Saya ingin menulis obrolan dengan kawan yang saat itu kami ketemuan di salah satu cafe & resto untuk membicarakan seputar kejadian yang menurut beliau tidak masuk akal, yaitu usaha saudaranya yang menjual laptop,notebook dan komputer di salah satu mall mengalami kejadian aneh dan tidak masuk akal, beberapa kali kawan saya ini bilang, mas anto kalo saya tidak membuktikan sendiri rasanya tidak percaya namun karena sudah membuktikan dan menyaksikan sendiri maka saya jadi percaya, lalu beliau menarik napas dalam dalam seraya berkata, mungkin mas anto bisa bantu memberikan solusi kata beliau.
Cerita ini bermula ketika kawan saya mengunjungi saudaranya yang buka outlet menjual komputer,laptop dan netbook serta aksesorisnya , ketika itu saudara beliau mengatakan bahwa sudah lebih 3 bulanan terjadi penurunan penjualan sejak buka kompetitor baru persis di depan toko nya.
Dan ada kejanggalan atau keanehan dimana beberapa pelanggan loyal atau pelanggan lama yang selama ini jadi langganan pindah ke toko baru dan ketika ditanya alasannya katanya toko milik saudara kawan saya ini selalu tutup ,padahal mereka buka dari jam 10 pagi sampai 21.00 dan mereka sudah jalan 3 tahun lebih.

Kawan saya mengatakan bahwa saudaranya saat itu lagi ke kamar kecil lalu saat itu ada pengunjung bapak dan anaknya yang bareng ke kamar kecil ,bapak itu bilang ke anaknya Toko langganan bapak yang biasa beli laptop untuk kakak kakakmu sekarang sudah tutup pindah mungkin, tadi pas bapak naik dan lewat tangga lagi tutup, anaknya yang seumuran kira kira SMP kelas 2 menyahuti ,nama toko nya apa pak , dijawab bapaknya toko P..., mendengar percakapan itu sontak kaget saudara kawan saya mengatakan dan menyahuti, maaf bapak itu toko saya dan saya ownernya , mendengar hal ini gantian bapak itu berkata lho iya tah mas, saya sudah 2 x lewat dan tutup. 

Saya malah rencana mau beli ke toko yang depan mas itu setelah dari kamar kecil, lalu sodara kawan saya mengatakan , gimana kalo bareng sama saya pak pergi ke toko, singkat cerita bapak tadi jadi beli laptop ke toko langganannya dan kawan saya mendengar cerita sodaranya tidak langsung percaya dan memang ketika beberapa hari kemudian kawan saya berkunjung ke toko sodaranya memang dari jauh terlihat tutup lalu menelpon sodaranya di jawab oleh sodaranya , bahwa tokonya buka dan ketika di dekati baru nampak memang buka , ini aneh mas anto. Saya menghela napas dalam dalam mulai menebak arah pembicaraan ini dan langsung ingat ketika ada pengusaha landry yang pernah menjadi klien untun program iklan mendatangi saya bahwa beliau mengatakan sudah banyak orang yang mau laundry ketempat beliau balik lagi atau ke kompetitor karena melihat laundry beliau tutup. Sampai akhirnya saya suruh menerapkan 3i dan mulai normal lagi.
Fenomena seperti diatas bukan hal baru , karena saya sendiri lebih dari 3 x ditemui pengusaha yang memiliki kisah yang seperti itu dimana toko, warung atau tempatnya usaha dibilang tutup. Namun saya biasanya tidak langsung percaya sebelum melakukan sendiri pengamatan, untuk memastikan bahwa bukan black campaign dari kompetitor yang mengirim orang orang untuk membuat pesimis, kenapa ini saya sampaikan , karena saya pernah membantu pengusaha yang ingin buka usaha kuliner dari NOL yang belum pernah buka usaha kuliner dan terkesan dipaksakan untuk buka usaha kuliner, karena lokasi yang dipilih juga sebenarnya tidak cocok , sebab lokasi parkir yang terbatas dan berpotensi menggangu kelancaran jalan raya, namun sudah terlanjur disewa. 

Singkat cerita ketika awal awal saya dan owner mengamati kondisi sekitar dan memang di daerah tersebut kategori padat dan ideal traffic , karena dekat dengan sekolah, pabrik rokok dan menjadi jalan utama dari daerah ke kota. Namun disepanjang daerah situ juga sangat kompetitif orang yang berjualan kuliner.
Seperti biasa sebelum memulai selain melakukan pengamatan maka saya mohon petunjuk dan pertolongan kepada Alloh , setelah saya sudah jelas maka baru melangkah. Dan mulai terjadi hal yang seru , dimana owner saat prose bersih bersih persiapan untuk pembukaan kuliner , selalu didatangi orang yang mengatakan bahwa jualan disini itu berat banyak yang sewa ditempat yang akan bapak sewa itu tutup selain itu di daerah sini hal hal magis masih sangat kuat , bahkan owner pernah menyampaikan ke saya , saat lagi di teras untuk menyapu teras tiba tiba ada orang yang melempar kembang yang identik dengan hal magis. Singkat cerita Alhamdulillah dari sejak awal berdiri hingga 6 bulan masa pendampingan pertama, usaha kuliner yang di khawatirkan tutup dan tidak mampu bersaing justru paling ramai dibandingkan kuliner yang sudah tahunan disana, hal hal yang diluar akal kerap beberapa kali terjadi , namun saya selalu gunakan prinsip 3i untuk menetralisir hal hal non logik dan tetap menggunakan strategi bisnis.  Jika anda mengalami hal yang mirip , saran saya tidak usah panik jalankan 3i, yaitu iman, ilmu dan ikhtiar langit dan bumi.

Komentar

Postingan Populer