3 kali usaha kuliner akhirnya tutup

Menjelang buka ini saya ingin sharing pertanyaan dari pengusaha kuliner lagi, entah karena bulan puasa banyak yang google cara promosi usaha kuliner dan cara meningkatkan penjualan kuliner rumahan akhirnya masuk di blog sederhana ini.

Ada pengusaha kuliner yang sudah pernah mencoba 3 jenis usaha kuliner dan semuanya berakhir dengan tutup. Pertama pernah buka usaha jualan bakso dengan konsep rombong tapi menetap, kemudian usaha ayam goreng model kfc atau ayam selimut, lalu terakhir seafood pingir jalan dan semuanya tutup. Sampai beliau bilang apa tidak cocok bisnis kuliner ya ? Beliau total usaha kuliner 5 tahunan dan berakhir dengan di paksa tutup lalu endingnya sama yaitu masih memiliki hutang.

Ketika saya tanya apakah rasa masakan kulinernya enak atau cocok dengan pelanggan dan beliau menjawab cocok dan bahkan selaku owner plus pengawas rasa masakan langsung menanyakan ke pelanggan bagaimana rasa masakan dan pelayanan di jawab enak dan bagus tapi kok jumlah pelanggan tidak bertambah hanya satu dua orang yang kembali.

Kalau saya tanya gimana lokasinya apa strategis? Dijawab beliau sangat strategis karena jalan ramai 2 arah. Apakah harganya menengah kebawah atau keatas? Dijawab beliau harga bersaing selisih Rp 2000 rupiah dibandingkan yang lain.

Beliau masih penasaran kenapa kok bisnis kuliner 3 x tutup semua, rasa katanya enak, harga bersaing, lokasi mudah di jangkau kok masih sepi saja.

Kemudian beliau iseng cari di google dan ketemu blog saya. Kemudian konsultasi untuk masalah bisnis kulinernya, yang menarik meski sudah 3 x tutup beliau masih penasaran kenapa sebabnya , ketika saya tanya karyawan ga banyak hanya 2 orang jadi beliau kadang di bantu istri ,bahkan dalam kondisi tertentu karyawan sudah bisa mandiri mulai belanja sampai masak dan tutup bisa dilakukan 2 orang, sebenarnya dari sisi biaya operasional tetap rendah.

Saya dikirim juga menu dan memang standard atau umum dilakukan, ketika saya tanya apa saja yang telah dilakukan untuk mendatangkan pelanggan di jawab, pakai brosur dan sosmed dibantu anaknya.

Kira kira apa ya coach kok bisnis kuliner saya tutup? Pertanyaan yang sulit di jawab jika informasi tidak komplit, dan dari beberapa penggalaman saya jumpai 

1. Makanan enak 

2. Harga terjangkau

3. Lokasi strategis

Ada yang tutup kurang dari 10 bulan bahkan malah yang merek waralaba nasional bisa tutup ketika keluar dari jakarta dimana tempat asal mula berdiri.

Saran saya ke beliau coba datang ke malang janjian ketemu sebab kalau jauh dan hanya informasi sekilas tidak bisa dijadikan acuan, yang pasti terapkan 3i + 5 P untuk membenahi bisnis kuliner anda.

Komentar

Postingan Populer