Kenapa sulit lunas hutang ya

Alhamdulillahi robbil a'alamin saat menulis artikel dengan judul kenapa sulit lunas hutang ya, pada hari kamis 17 mei 2018 dan ini hari pertama puasa ramadhan. Semoga saya dan anda semua sekeluarga selalu mendapatkan keberkahan dalam hidup ini dan terus bersyukur atas semua keadaan, karena setiap kejadian sebenarnya juga banyak disebabkan hukum sebab akibat, dan kali ini juga saya tulis tentang bagaimana cara berpikir dan bertindak seseorang bisa mempengaruhi keadaannya dalam 3 tahun hingga 10 tahun kedepan.
Semalam ada 3 orang pengusaha dari luar kota bahkan luar pulau jawa yang konsultasi terkait kondisi hutang bisnis, ada yang mempunya hutag Rp 500 juta dan ada juga yang mencapai milyaran lebih dari 2 milyar, ada yang menanyakan kepada saya, kenapa ya coach kok saya merasakan dalam 4 tahun terakhir ini kondisi keuangan saya masih tetap sulit sehingga saya merasakan beban hutang ini semakin berat, kenapa ya sulit lunas hutang padahal sudah berusaha ingin lunas hutang dengan waktu singkat.

Saya tidak menjawab pertanyaan beliau beliau dengan jawaban langsung namun saya menggunakan metode bertanya dan membuat beliau beliau tersebut berpikir dan menemukan akar masalah kenapa kok merasa sulit lunas hutang. Dan muncul kesimpulan bahwa penyebab sulit lunas hutang dan perusahaan masih terus mengalami kondisi keuangan yang sulit adalah KARENA TIDAK BERUBAH

Kalimat Karena Tidak Berubah ini singkat namun jika di urai secara detil akan bisa menemukan akar masalah kenapa sulit lunas hutang, entah anda seorang pengusaha atau bukan pengusaha jika anda tidak berubah maka anda akan tetap dalam kondisi dan keadaan yang sama.
Sebab Alloh tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak mau berubah. Dan perubahan disini bukan hanya sekadar berubah namun perubahan yang terukur sehingga anda bisa tahu seberapa peningkatkan hasil perubahan.

Di artikel blog ini sudah banyak saya tuliskan tentang 3i yaitu iman, ilmu dan ikhitar (langit&bumi) yang menjadi kunci perubahan. Dan perubahan itu dimulai dari dalam diri dari motivasi yang kuat yang membuat anda tidak punya pilihan jika tidak anda berubah maka anda akan semakin terpuruk lebih dalam di jurang hutang dan riba.
Insya Allah setelah 3 tahun lebih saya tidak membuka kelas seminar & workshop maka bulan ini Insya Alloh saya akan membuka angkatan pertama dengan jumlah peserta tidak banyak sebab saya tidak ingin mencari banyak peserta namun ingin semua peserta merasakan manfaat perubahan dalam 3i tersebut, jika anda berminat silahkan hubungi nomer WA saya.

Untuk bisa melunasi hutang anda perlu merubah mindset dan action anda, cara anda berpikir apakah lebih kepada pikiran yang melemahkan atau pikiran yang menguatkan, fokus pikiran anda akan menentukan tindakan dan semangat atau motivasi anda untuk bisa lunas hutang & riba.
Jika pikiran anda fokus kepada masalah maka anda akan temukan banyak masalah, namun sebaliknya jika anda fokus kepada peluang dan tidak menganggap sebaik tekanan tapi sebagai tantangan  maka anda akan sangat antusias dan menikmati setiap tindakan dengan komitmen, arti komitmen adalah istiqomah terus menerus dan suka duka di jalani.

Lalu anda melakukan analisa untuk membuat strategi dan taktik bagaimana lebih banyak uang masuk dibanding uang keluar , memperbesar uang masuk yang saya maksud disini bukan dengan hutang , karena kalau anda bayar hutang dengan mencari hutang baru itu tidak menyelesaikan masalah namun justru menambah masalah semakin tertimpa beban.
Dan ketika berbicara uang masuk maka jika anda pengusaha adalah menganalisa strategi pemasaran dan penjualan anda, bagaimana anda bisa menjual lebih banyak dan lebih cepat dengan profit yang bagus. Dan bagi anda yang bukan pengusaha maka anda juga harus berpikir bagaimana bisa menambah penghasilan dengan cepat dan halal serta jumlahnya lebih dari cukup untuk melunasi hutang.

Namun menjaga motivasi, semangat dan pikiran positif itu tidak mudah , meskipun ada juga orang yang bisa menjaga motivasi dan semangat tanpa bantuan orang lain, dan jika anda termasuk orang yang mudah goyah dan perlu motivasi dari orang lain maka carilah orang yang anda percayai dan cocok untuk memacu semangat anda.
Anda perlu berubah dalam 3i , iman , ilmu dan ikhitar. Agar semua hutang anda bisa lunas.

Apapun bisnis anda maka anda perlu mendapatkan penjualan yang terus meningkat dan mengelola setiap pemasukan dengan baik yang digunakan untuk membuat bisnis anda tumbuh sehat dan kuat tanpa hutang riba. Perbaiki strategi dan menejemen bisnis anda, waktu terus berubah dan tiba tiba sudah 5 tahun anda masih merasa sulit lunas hutang, berubahlah sekarang dan anda akan merasakan manfaat dari perubahaan saat ini

Komentar

Postingan Populer