Penyebab bisnis jual beli mobil terancam tutup

Bisnis jual beli mobil yang sudah puluhan tahun terlilit bad debt dan terancam tutup karena tidak memiliki 5P.

Sebelumnya saya pernah menulis status di WA untuk menulis tentang hal ini, namun karena sesuatu hal saya tidak bisa menuliskan secara detil penyebab bisnis jual beli mobil terlilit hutang dan merugi serta di tambah lagi penjualan yang semakin menurun.

Namun akan saya ganti dengan memberikan penjelasan terkait 5 P yang saya gunakan untuk menganalisa apakah bisnis anda sehat atau sakit, jika sakit separah apakah serta tindakan pengobatan yang di rekomendasikan. 5P ini adalah.

Process

People

Product

Profit

Dan P yang sebagai pondasi adalah pray atau spiritual culture.

Diantara penyebab yang membuat bisnis jual beli mobil itu terlilit hutang adalah tidak jalannya 5 P.
Process nya tidak efektif , low margin dan high cost serta fokus ke hutang dengan bunga tinggi yang dianggap sebagai solusi cepat namun kenyataannya malah mempersiapkan lubang kematian bisnis.

People , masalah leadership dan komunikasi yang serius. Owner kurang tegas terhadap karyawan dan karyawan merasa owner kurang bisa memimpin, tidak menempatkan orang yang tepat. Dimana orang sales tidak bisa menghasilkan penjualan.

Product secara margin juga tidak maksimal karena melibatkan makelar untuk mempercepat penjualan namun tidak teliti di angka , ibarat omset besar tapi keuntingan tipis dan malah minus ketika ditambah beban hutang.

Profit ini masalah vital apapun jenis bisnis anda , apapun strategi dan taktik bisnis dan marketing yang anda gunakan jika tidak menghasilkan nilai profit ideal maka anda hanya akan capek dan tidak pernah bisa nutup hutang malah akan nambah hutang baru.

Banyak pemilik bisnis yang merasa sudah menjalankan bisnis dengan baik namun ketika di hadapkan dengan angka profit hasil ketahuan bisnis besar uangnya gak ada bahkan tidak tahu kemana perginya.

Apakah 5 P sudah berjalan dengan baik di bisnis anda atau malah tidak berjalan? 
Maka segera buat perubahan dan jika anda ingin mengalami perubahan sebelum bisnis anda terpuruk dan bangkrut serta masih menanggung hutang.

Komentar

Postingan Populer