Mempersulit hal yang sudah sulit

Tantangan yang sering saya jumpai ketika membantu bisnis yang sedang mengalami kesulitan keuangan adalah bagaimana membuang proses yang makan waktu, makan biaya dan kurang maksimal. Karena seringkali saya jumpai pemilik bisnis tidak menyadari bahwa masalah yang terjadi sekarang adalah rangkaian akumulasi kesalahan dalam menjalankan bisnis.
Itu sebabnya saya selalu menggunakan 5P dalam menganalisa permasalah bisnis yang butuh perbaikan dengan cepat.
Selain itu cara berpikir terkait masalah itu sangat penting.

Masalah itu akan menjadi masalah kalau anda melihat sebagai masalah, akan berbeda lagi kalau anda melihat masalah itu adalah peluang. Anda akan mengalami depresi stress yang sangat dalam ketika melihat masalah sebagai masalah, ini memang tidak mudah namun ketika anda tidak bisa melihat masalah dengan jernih sebagai peluang maka pasti akan jadi beban pikiran dan semakin membuat pesimis.

Diantara mindset atau pola pikir yang membuat masalah tidak selesai adalah terbiasa secara tanpa sadar.
Mempersulit hal yang sudah sulit, contohnya adalah ketika perusahaan atau bisnis anda butuh uang cepat maka anda harus berpikir cara simple, low cost atau murah dan langsung bisa di eksekusi agar bisa menghasilkan uang. Namun yang terjadi banyak pengusaha yang berpikir terlalu rumit sampai akhirnya malah tidak melakukan apa apa karena sudah pusing sendiri dan capek mikir.

Contoh ketika ada perusahaan properti atau perusahaan fashion mengalami masalah keuangan dan butuh uang cepat dalam waktu singkat, saya buatkan 1 (one) sheet strategy instant cash . Cukup dengan 1 lembar kertas berisi strategi mendapatkan uang cepat dan halal tanpa hutang, dan ketika langsung action maka hasilnya akan langsung dirasakan dan seiring waktu akan di lakukan perbaikan sesuai kebutuhan namun hal paling penting adalah berpikir strategi yang simple, low cost dan profitable serta bisa di eksekusi dengan segera agar keuangan perusahaan tertolong, prinsipnya jangan mempersulit hal yang sudah sulit.
Sebab perusahaan sudah dalam keadaan sulit keuangan dan butuh segera pemasukan maka lakukan strategi dan action dengan segera sebelum semakin parah kondisi keuangan anda.

Komentar

Postingan Populer