Karena banyak mengeluh dan malas

Ketika anda ingin lunas hutang dan ingin memperbaiki kondisi bisnis anda maka pegang benar 3 i yaitu iman, ilmu dan ikhtiar yang akan membuka pintu pintu rejeki yang tidak disangka sangka, namun ketika anda hanya mengeluhkan keadaan , menyalahkan setiap orang, banyak menunda pekerjaan bahkan malas bergerak dengan alasan sumpek maka dijamin tidak akan lunas.
Saya ada kisah nyata ketika ada seorang pengusaha yang terlilit hutang lalu tidak punya uang untuk ikut mentoring saya , maka beliau saya berikan 3i ,iman ,ilmu dan ikhtiar langit dengan membaca al quran, istighfar, sholawat , sedekah dan menerima keadaan dengan ridho dan rasa syukur juga ikhtiar bumi sesuai dengan potensi yang di miliki.

Jangan sampai pesimis, nothing to do, malas dan punya pikiran negatif yang justru akan merugikan, sekali lagi jangan malas dan jangan mengeluh.

Memahami syukur ini tidak hanya ucapan Alhamdulillah di mulut namun juga masuk ke sanubari hati dan perbuatan , tindakan ini untuk merubah level energi negatif , pesimis menjadi positif.
Perlu sekali anda tahu agama tidak mengajarkan malas dan bermental pengemis dan pecundang.

Ketika anda ridho dan bersyukur lalu di wujudkan dengan tindakan yaitu bergerak penuh semangat maka itu adalah bentuk rasa syukur dan di barengi ikhtiar dengan tawakal.
Saya ingin anda membuat percobaan yang ada kaitannya dengan 3i yaitu iman,ilmu,ikhtiar . Cobalah anda pergi memancing di kolam pemancingan anda gunakan 2 joran ,joran yang pertama anda kasih umpan yang tepat sesuai dengan jenis ikan yang di kolam dan joran kedua tidak anda beri umpan hanya mata kail saja , dengan waktu bersamaan dan jarak yang tidak terlalu jauh anda pasang 2 joran itu lalu tunggu dan lihat mana yang paling cepat dapat ikan? Apakah yang ada  umpan atau yang tidak ada umpan.

Anda bisa pahami dengan menerapkan 3i  yaitu iman (tauhid) , ilmu (sunnahtullah dan pengetahuan), ikhtiar langit ( ibadah, dzikir,baca al qur'an, sholawat, sedekah dll) ikhtiar bumi (action bergerak dengan ilmu ) tawakal hasilnya akan luar biasa pintu pintu rejeki akan di buka. Namun kalo anda malas dan banyak mengeluh maka masalah tidak akan pernah selesai anda harus move on, jadilah pribadi tangguh bukan pecundang jika ingin lunas hutang.

Komentar

Postingan Populer