Persaingan bisnis fashion muslim

Artikel yang mungkin berguna jika anda di bisnis pakaian muslim. Dalam waktu dekat ini, produsen pakaian muslim akan memasuki masa panen di bulan ramadhan hingga masuk lebaran idul fitri, mulai baju anak anak hingga baju dewasa akan merasakan panen naiknya penjualan di bulan ramadhan, rejeki musiman yang sangat di nantikan oleh produsen dan penjual pakaian atau baju muslim.
Namun saya mendapatkan curhatan dari pengusaha baju muslimah anak dan dewasa yang mengatakan dalam 5 bulan terakhir usaha penjualan baju anak dan dewasa muslimah mengalami penurunan penjualan, beliau tertarik untuk ikut program pembenahan bisnis yang saya buka untuk semua pengusaha yang mengalami masalah bisnis stagnan, bisnis terlilit hutang hingga bisnis yang terancam tutup akibat tidak mampu menghasilkan penjualan.

Ketika saya mendengarkan secara singkat permasalah beliau dan memang pasti ada kaitan dengan 5P yang menjadi indikator saya dalam membantu pembenahan bisnis yaitu.
Process
People
Product
Profit
Pray

Anda harus memetakan masalah proces dengan cermat untuk menemukan masalah serta membuat strategi solusi praktis dan efektif.
Dalam hal process saya menerapkan 3 hal , low cost, simple process dan good profit.
Banyak produsen fashion yang melakukan proces tidak memenuhi 3 kaidah diatas akibatnya selama bertahun tahun bahkan sejak berdiri tidak menyadari bahwa profit mereka itu berkurang karena proces yang tidak tepat.
Masalah menjadi bertambah rumit ketika penjualan juga menurun di karenakan banyak yang ikut menggarap pasar muslim ini, sehingga terjadi persaingan harga dan model. Saya sarankan anda membenahi 5P  dan membaca artikel yang pernah saya tulis bagaimana saya  membuat strategi pembenahan dan peningkatan untuk produsen fashion hingga 10 x lipat.

Komentar

Postingan Populer