Pengusaha dengan banyak

Berikut ini saya sharing tentang pengusaha yang katanya punya banyak masalah berat dan bikin nyesek di dada, smile :).
Saya menerapkan standard untuk setiap klien luar kota yang mau konsultasi menginap di hotel bintang 4 atau 5 dengan pertimbangan ada tempat nyaman untuk melakukan konseling dan proses membersihkan pikiran dan perasaan dari masalah masalah, karena di hotel bintang 3 saya belum ketemu yang punya tempat nyaman.
Oke di lanjut ceritanya, yaitu ketika datang sudah merasakan seolah melihat orang yang berjalan dengan membawa ransel dengan beban berat dan napas seperti tersengal sengal.
Beliau menceritakan kondisi bisnis yang tinggal menunggu hitungan bulan akan di pastikan tutup dan mulai muncul masalah masalah besar yang akan terjadi menurut beliau.

Saya mendengarkan dengan seksama dam ketika sekitar setengah jam bicara maka saya keluarkan selembar kertas dan minta beliau untuk menuliskan masalah yang di miliki, saya katakan silahkan bapak tulis semua masalah dan ini saya kasih nomor 1 sampai 20 jika kurang bisa sampai 100 masalah .
Beliau agak bingung namun tetap menulis dan berhenti di angka ke 5, seolah bingung dan saya katakan ,bapak sudah jauh jauh datang dan mengeluarkan biaya untuk sesi dengan saya maka sepenuh hati saya akan totalitas membantu bapak silahkan tuliskan masalah bapak yang katanya banyak.

Beliau bingung juga malah nanya apalagi ya coach ? Hehehe lha tadi bapak bilang banyak masalah kok cuman 5 saja, beliau tersenyum.
Lalu saya lanjutkan sesi konseling dan pemetaan masalah serta solusinya dengan pendekatan iman kepada Alloh dan blue print yang sudah banyak teruji dan ketika beliau akan kembali pulang mengatakan Alhamdulillah terima kasih coach saya jadi tenang dan optimis ternyata masalah yang saya anggap berat dan banyak itu sudah ada jawabannya.

Ketika anda punya masalah jangan taruh di kepala apalagi baper, kalimat ini sering saya sampaikan ke klien klien.
Setiap bisnis pasti punya masalah dan masalah itu tanda untuk berubah lebih baik. Banyak masalah tuliskan maka anda akan lebih mudah memetakan , dan paling penting miliki keimanan maka masalah itu tidak menjadi masalah justru anda anggap sebagai sparing parfner agar anda siap menang

Komentar

Postingan Populer