Dulu kuliner ramai dan jadi trend

Mumpung masih ingat setelah ngobrol sharing dengan pengusaha yang ikut pendampingan cara lepas dari lilitan riba dan rentenir.
Dalam sesi 3 jam saya memfokuskan membuka wacana dan wawasan tentang apa sih yang membuat usaha kuliner yang dulu di kenal ramai lalu tutup.
Saya bertanya ke beliau, menurut bapak apa yang membuat kuliner langganan bapak itu bisa tutup? Dan beliau menjawab sambil menatap langit langit lobi hotel di mana sesi coaching dan mentoring 'cara lepas dari hutang riba ' diadakan, ini saya juga bingung pak anto, sebab kalau saya pribadi dan keluarga cocok dengan rasa masakannya, kemudian tempatnya juga bersih, lalu karyawan yang melayani juga ramah, kalau dari sisi harga juga standard dengan yang lainnya.

Saya mengulang jawaban beliau, jadi menurut bapak, rasa makanan dan minuman disana enak.
Suasana nya nyaman, bersih.
Karyawan ramah.
Harga juga standard kurang lebih dengan lainnya? Beliau langsung menjawab betul pak anto.

Lalu saya katakan jadi dalam usaha kuliner, hal diatas tidak menjamin usaha kuliner bisa bertahan lama misal 10 tahun? Sebab bapak bilang tidak sampai 2 tahun sudah tutup ya.

Lalu saya sampaikan materi tentang hal yang paling penting dalam usaha kuliner dan bahkan usaha apapun yaitu 3 hal .
1. Selalu ada konsumen baru yang membeli.
2. Selalu ada konsumen lama yang terus membeli .
3. Selalu ada konsumen lama yang mereferensikan dan suka rela mengajak , mempromosikan dan bahkan menjadi pembela.

Ketiga hal diatas sekilas mudah namun dalam praktek di dunia bisnis tidak seperti itu. Karena dalam usaha kalau ada pelanggan yang terus bertambah dan membeli tentu pasti akan tutup, ini di luar bahasan terpisah tentang omset banyak tapi ga punya uang cash (sudah pernah di posting panjang berseri).

Jadi fokus bapak adalah ketiga hal diatas, sepele namun perlu strategi dan konsisten dalam membuat 3 hal diatas menjadi lebih baik.
Pernah saya tulis kisah bagaimana ada pengusaha yang punya usaha nasional cabangnya ada lebih 50 an ,punya sistem,menejemen yang bagus namun karena nggak ada yang beli ya tutup.
Apapun bisnis anda selama bisa menjalankan ketiga hal diatas dan grafiknya naik terus maka akan tumbuh .

Jadi dalam bisnis kuliner rasa enak tidak selalu menjamin akan ramai terus, punya SOP yang bagus, belum juga menjamin, lokasi pinggir jalan utama bahkan jalan yang sangat amat sangat strategis juga tidak menjamin.
Maka ketiga hal diatas bisa dijadikan acuan dan terus di jaga dan di rawat, kalo itu di lakukan insya Alloh bisnis tetap hidup karena kalau ga ada yang beli berarti tidak ada pemasukan.

Komentar

Postingan Populer