Bisnis baju anak yang bangkrut di mall

Mungkin saya sebut dejavu ketika saya sedang berjalan jalan di salah satu mall yang cukup populer di kota surabaya untuk melihat pameran dengan tema pernikahan dimana pesertanya adalah pemilik bisnis pembuatan dan persewaa baju pengantin , baik dengan tema dan model muslimah , tradisional hingga modern serta juga dihadiri oleh para pengusaha event organizer dan wedding organizer .

Namun tulisan saya tidak menceritakan terkait pameran wedding atau pernikahan di mall tersebut, ada hal lainnya yaitu tentang bisnis baju anak yang banyak tutup di mall tersebut.

Setelah puas berkeliling melihat pameran wedding dan kebetulan juga di ikutin oleh klien saya yang memiliki bisnis pembuatan dan persewaan baju pengantin dengan tema islami dan syar'i , maka saya ingin jalan jalan di lantai atas mall tersebut sekalian ingin menunaikan sholat ashar dan yang ada pemandangan yang mengejutkan dimana di lantai atas mall tersebut banyak sekali kios atau outlet yang tutup dan kesannya sepi nampak sekali.

Beberapa kios yang menjual baju fashion anak dan dewasa saya lihat sangat sepi dan saya lihat karyawan atau pegawai di kios atau outlet , hanya duduk sambil ngantuk dan beberapa sedang ngobrol dan nonton film dari HP.

Saya tidak tahu apakah mereka memiliki penjualan yang pesat , sebab kebetulan di hari libur saya datang ke mall itu dan di bawah atau lantai dasar ada pameran wedding ramai sedangkan di lantai atas sepi sekali.
Hal ini mengingatkan saya ketika saya berjalan jalan di mall mall jakarta yang duluuuu sangat ramai dan populer kini sepi dan mati suri.

Inilah perubahan dalam bisnis akibat teknologi dimana banyak orang yang memilih beli online dan tidak mau macet panas , meskipun masih ada juga mall atau pemilik kios yang tetap ramai didatangi orang atau pembeli , artinya pengusaha itu sukses membuat strategi marketing online dan offline.

Saya pernah membantu pemilik bisnis baju anak yang saya sarankan tutup kiosnya di mall karena ketika di analisa dan hitung keuntungan sangat tipis atau minim karena untuk biaya operasional di mall , dan ketika di ganti dengan online hasilnya juga luar biasa.

Apakah anda mau memilih mall atau online atau sewa kios , semuanya tergantung dari model bisnis, strategi dan siapa konsumen anda, intinya selama anda untung dan bukan buntung tidak ada masalah.
Dalam bisnis perlu strategi yang jitu agar tidak buntung dan minus yang berakibat pada tutupnya bisnis

Komentar

Postingan Populer