Bisnis bakso yang dulu laris lalu bangkrut

Bisnis bakso yang dulu laris lalu bangkrut 

Kisah ini sebenarnya sudah lebih 2 bulan ketika saya di telpon pemilik bisnis bakso dari sidoarjo yang menceritakan kalau dulu bisnis baksonya sempat ramai di sidoarjo bahkan menjadi perbincangan orang karena rasanya enak dan harga terjangkau lalu menginjak bulan ke 8 dan 1 tahun makin turun penjualan dan hanya sanggup bertahan kurang dari 2 tahun habis, pertanyaan beliau apa kira kira penyebabnya?

Disini saya hanya akan menceritakan kisah yang logis saja ya :) untuk hal hal yang tidak logis tidak akan saya ceritakan.
Saya mulai menggali cerita mulai awal mula dari mana ide berjualan bakso dan darimana beliau belajar membuat bakso yang enak, akhirnya beliau menceritakan bahwa langsung belajar dari suhu bakso solo di kota solo. Jadi secara proses membuat bakso mulai belanja, memilih bahan , menghitung hpp yang tepat agar bisa mendapatkan laba beliau sudah mengetahui karena belajar dari pengusaha bakso solo tersebut.

Pembahasan masuk di analisa cara menjalankan usaha bakso hingga melayani pelanggan bakso, terus menganalisa bisnis bakso yang ada di radius hingga 1 KM dan lain lainnya, inti dari diskusi dengan saya beliau itu ingin sekali bangkit dan memulai usaha bakso lagi dan di dampingi saya untuk mengarahkan dan mengawal bisnis bakso yang sudah 5 tahun di jalankan lalu akhirnya TUTUP.

Lalu apa penyebab tutupnya bisnis bakso yang dulu laris yang pernah beliau jalankan? ternyata jawabannya itu sama yaitu uang masuk lebih sedikit di bandingkan uang keluar hehehe, itu sih orang tahu coach , bercanda biar gak tegang ya .
Kesalahan fatal beliau itu karena beliau mencintai jualan bakso bukan mencintai cashflow , karena kalau bicara passion atau kesukaan , gairah, minat kadang orang lupa ketika dalam skala kecil masih oke namun kalau sudah lebih dari 2 tahun masih tidak berubah cara menjalankan bisnis bisa di pastikan akan tutup.

Karena bisnis bakso itu bukan hanya tentang rasa harus enak, memang rasa enak itu di kuliner ya jadi core inti usaha, namun pernahkah anda menjumpai kalau ada kuliner yang rasanya enak tapi sudah puluhan tahun tidak berkembang bisnisnya dan bahkan ada yang baru buka usaha bakso 1 tahun dengan rasa enak lalu TUT\UP itulah bisnis bakso, Alhamdulillah saya sendiri pernah menangani kejadian seru di bisnis bakso dan mie ayam, jika anda ingin tahu cerita bagaimana cara membangun usaha yang tepat , kokoh dan menguntungan , bisa hubungi WA saya di 085755333610 ada syarat saya dalam merima klien yaitu melalu proses istikharah dan harus siap mengikuti direction dan action , serta punya keinginan memperbaiki diri & ibadah

Komentar

Postingan Populer