Cara meningkatkan penjualan toko handphone

Saya pernah di minta mengaudit masalah seorang pengusaha toko handphone yang memiliki sekitar 30 cabang toko handphone dengan beberapa merek atau brand.
Waktu yang menjadi masalah utama adalah kenapa omset penjualan toko hp merosot tajam di banding 3 bulan awal buka dan semakin lama semakin tajam merosot penjualan handphonenya.
Padahal strategi marketing yang di gunakan tidak berubah yaitu diantaranya adalah mengadakan Promo harga murah dan berhadiah hingga mobil.

Saya juga ikut penasaran ingin mengetahui sumber masalah sepinya penjualan di jaringan toko hp beliau, maka dari 30 toko hp di cari data beberapa toko dengan penjualan hp terbanyak dan toko dengan penjualan paling merosot alias jeblok.
Selain itu saya juga menggunakan pendekatan menggunakan sepatu pelanggan dengan menurunkan tim untuk melakukan survei ringan terkait pelayanan dan kepuasan, ada 2 pendekatan yang saya lakukan adalah dengan survei konsumen yang membeli maupun yang tidak jadi membeli, dengan data yang bisa di jadikan acuan, bahkan saya kombinasikan dengan metode lingkar obat nyamuk untuk survei masyarakat yang di sekitar toko dan datanya cukup mengejutkan ada lebih 500 responden yang mengatakan tidak puas, kurang puas, tidak pernah membeli di toko tersebut meski dekat rumah dengan alasan kecewa dll.

Singkat cerita faktor pelayanan dan kepercayaan konsumen yang menjadi masalah serius, maka rekomendasi untuk membenahi layanan dan reputasi bisa dipercaya jadi prioritas disamping itu mengubah model bisnis dan strateginya agar bisa meningkat omset dan laba bersih serta brandnya.

Komentar

Postingan Populer