Penyebab hutang tidak lunas

Penyebab hutang tidak lunas

Seperti biasa setelah ada yang sharing, curhat atau konsultasi terkait keuangan , bisnis hingga personal (family) dan saya sudah berjanji kepada Alloh dan diri sendiri untuk merahasiakan identitias dan jika menceritakan maka saya akan kemas dengan bahasa cerita tanpa menyebutkan identitas asli dan rahasia yang di amanahkan kepada saya.
Kali ini saya kisahkan penyebab hutang tidak lunas, beliau mengatakan sudah 6 tahun bisnis dan beliau mengatakan sudah capek punya hutang dan bisnisnya besar karena hutang dan sebenarnya sudah sangat stress karena bisnisnya hanya untuk membayar hutang bunga ber bunga atau riba, kebetulan beliau ini non muslim namun ketika saya menceritakan tentang riba dan saya tidak bisa membantu jika masih berurusan dengan permodalan atau strategi riba, beliau akhirnya setuju.

Penyebab hutang tidak lunas 

Beliau memiliki bisnis percetakan, kuliner dan juga trading hutang hutang beliau lebih dari Rp 4.000.000.000 (empat milyar) , 
Saya menggali informasi tentang cara menjalankan menjalankan bisnis dan pengelolaan termasuk keuangan dan lain lain, secara apa yang beliau sampaikan sudah oke, sebab beliau ini juga senang ikut workshop bisnis dan punya teman yang bisa dibilang seorang business coach, namun entah kenapa kok beliau katanya iseng mencari di internet dan ketemu blog ini , beliau membaca banyak artikel, total artikel sampai saya menulis ini 350 lebih , gol saya 1000 artikel tahun 2018 , saya ingin meninggalkan jejak ilmu yang bermanfaat .
Kembali ke kisah ini, setelah menggali dan menggali saya masih penasaran apa penyebabnya sebab secara strategi marketing beliau juga punya sudah menerapkan marketing leverage mulai leads hingga sampai funnel terakhir, beberapa promo menurut saya juga menarik tapi masih bisa di improvement lagi.

Maka  saya menerapkan jurus terakhir yaitu istikharah ! , iya saya meski mengetahui strategi bisnis, marketing namun ketika ada sesuatu ada yang mengganjal maka saya menggunakan istikharah, hasilnya cukup membuat saya galau risau untuk menyampaikan , maka akhirnya saya sampaikan , saya sampaikan bapak saya akan sampaikan apa yang saya dapatkan dan mohon maaf jika ini kurang berkenan, namun karena bapak meminta bantuan saya , maka saya wajib sampaikan, beliau agak kaget dan menjawab, baik coach silahkan.

Penyebab hutang bapak tidak lunas lunas karena tidak berkah ! beliau kaget , dan menjawab maksudnya gimana coach , saya sampaikan bapak mendholimi orang orang yang seharusnya bapak mintai doa dan bisa menjadi faktor X karena ini sudah ada bukti secara science saya coba sampaikan dengan tidak langsung sambil melihat respon beliau dan beliau mengatakan maksudnya bisa di perjelas lagi coach? 
Saya sampaikan ,bahwa mendholimi orang tua bapak, istri, anak dan sahabat bapak, beliau kaget dan langsung menangis, kok pak anto tahu padahal saya belum cerita dan saya mau cerita mau karena tidak ada hubungan dengan bisnis, saya menyesal , saya menyesal ... terlihat beliau meneteskan air mata ,sambil menutup muka beliau.  Semoga menjadi pembelajaran , jika anda mengalami masalah yang tidak selesai dan ada kegelisahan , maka itu masalah batin dan ada harus cari tahu akarnya dan perbaiki, Semoga beliau masih sempat meminta maaf dan saya sudah pernah alami saksikan ketika pengusaha itu tidak ada masalah dengan keluarga dan justru doa suami, istri, orang tua yang tulus penuh kasih sayang maka membuat keajaiban bisnis, dan satu lagi jadilah pribadi yang tahu bersyukur, ingat ingat sukses anda sekarang ini karena bantuan orang , siapa saja yang turut andil dan telah anda lupakan, siapa tahu doa mereka yang menghambat rejeki atau keberkahan bisnis anda

Komentar

Postingan Populer