Belum tentu lokasi strategis bisa laris

Artikel blog ini saya tulis karena pertanyaan dari seorang pengusaha minuman yang memiliki usaha minuman dalam bentuk booth atau gerobak yang sudah masuk bulan ke 7 ini semakin sepiii.
Beliau menghubungi saya setelah mendapatkan rekomendasi terkait konsultasi bisnis dan masalah terlilit hutang.
Yang membingungkan adalah ini bukan yang pertama kali namun sudah usaha yang ketiga dan selalu sama, tidak pernah bisa bertahan lama sampai 10 tahun paling lama usaha beliau itu 3 tahunan lalu tutup.
Lokasi menurut beliau sudah oke karena di pinggir jalan dan menyewa area minimarket kalau tidak alfamart, indomaret , alfamidi.
Di pilih usaha gerobak atau booth dengan pertimbangan biaya , operasional dan SDM yang minim.

Yang ingin beliau tanyakan selain masalah bisnis yaitu kenapa kok buka usaha selalu tutup dan kebanyakan tidak balik modal namun nambah hutang.
Berbagai macam pemikiran muncul di benak beliau termasuk berpikir kalau ada hal magic yang menyerang maka beliau juga pernah ke paranormal. Lalu saya tanya apa hasilnya? Iya sama aja pak , malah saya keluar uang lebih dari 5 juta untuk macam macam syarat.

Dari sesi wawancara dengan beliau saya memang menemukan trauma ,serta blocking , saya sampaikan sebelum mengarah bahasan masalah bisnis maka hal terpenting adalah mengatasi masalah pikiran dan batin, karena kalo itu tidak beres usaha apapun akan berujung tutup, bangkrut.
Di lain waktu saya akan sharing pentingnya melepaskan segala hambatan batin terdalam sebab itu penghalang terbesar, jadi percuma strategi bisnis tidak akan jalan, ibarat anda berjalan ke puncak gunung namun dengan membawa beban yang berat sehingga membuat anda terkuras tenaga dan tidak pernah sampai di puncak.

Komentar

Postingan Populer