Perencanaan tanpa eksekusi dan kontrol akan sia-sia

Perencanaan tanpa eksekusi dan kontrol akan sia-sia , begitu yang saya sampaikan kepada pengusaha yang menceritakan permasalahan yang terjadi dalam bisnisnya, dimana beliau mengatakan masalah terbesar yang dihadapi dalam bisnis yang sudah berjalan 5 tahun lebih adalah , ketika mengetahui secara detil dan angka angka menunjukkan kalau sebenarnya tidak tumbuh cash nya tapi beban hutang riba yang menumpuk . Hal ini beliau sampaikan ketika beberapa kali membaca blog ini , yang sudah saya tulis sejak tahun 2015 , tentang bagaimana memperbaiki kondisi bisnis dan keuangan untuk lunas riba dan hutang, serta tidak bikin stress.

Beliau menceritakan pernah beberapa kali mengadakan meeting dengan semua staff terkait perencanaan bisnis dan target bisnis namun hasilnya tidak pernah bisa tercapai atau terpenuhi, dan dari cerita beliau sekilas saya membuat catatan penting bahwa dalam bisnis beliau antara perencanaan dan eksekusi tidak jalan, diantaranya sebabnya beragam semisal tidak memiliki sistem kontrol yang baik , tentang bagaimana agar perencanaan bisa ter eksekusi dengan baik . 

Dalam bisnis ibarat mesin mobil yang kalo saya ibaratkan karena untuk menyebut sebagai "Mobil" maka adalah satu keutuhan, tidak bisa menunjuk setir atau kemudi saja disebut mobil. Dan semua bagian mulai harga termurah misalnya tutup angin ban juga punya fungsi sangat penting, tidak akan mobil berjalan jika bannya kempes karena bocor dan jika dipaksakan pasti akan merusak kondisi mobil dan juga boros bahan bakar. 

Begitu juga bisnis juga bisa saya ibaratkan mobil artinya semua bagian memiliki fungsi dan peran masing masing yang harus selalu terawat kondisinya. 
Ada juga yang menganalogikan bisnis seperti olah raga yang setiap tim punya peran penting dan tidak bisa di anggap sepele. 
Maka ketika perencanaan atau planning tidak pernah berhasil tercapai , saran saya anda harus melihat bisnis anda secara keseluruhan, ingat bahwa bisnis 96 persen tutup tidak bisa melewati 10 tahun pertama dan sebagaian besar tutup dalam keadaan memiliki hutang 






Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer