cara meningkatkan penjualan toko hp

Sebenarnya artikel ini harusnya saya tulis beberapa minggu lalu ketika saya bertemua dengan beberapa pengusaha muda yang memiliki bisnis penjualan hp atau handphone sebagai salah satu unit bisnis yang dimilikinya. Dan ini seperti dejavu ketika saya katakan bahwa sekitar 2 tahun lalu saya pernah mengaudit bisnis toko handphone yang punya puluhan cabang dan mengalami kondisi penurunan dibandingkan saat grand opening awal.

Jadi ketika bertemu dengan pengusaha pengusaha yang memiliki unit usaha atau bisnis penjualan toko handphone dan aksesoris ini benar benar seperti flashback ke masa lalu.
Dalam pembicaraan santai tersebut saya lebih banyak mendengarkan apa yang menjadi masalah terbesar dalam bisnis penjualan handphone dan aksesoris yang sedang menurun dan ternyata memang mirip seperti yang pernah saya alami beberapa tahun , bahwa setiap bisnis yang menjual produk atau jasa tertentu itu memiliki pola mirip atau kesamaan dalam hal sumber pemasukan dan tantangannya.

Diantara yang menjadi permasalah dalam bisnis hp (handphone) dan aksesoris adalah sebagai berikut sebagian yang saya cantumkan.
  • besarnya omset namun minim margin profit (ini pernah saya bahas) karena ada beberapa merek yang menerapkan standard harga sama semua dealer dan juga adanya online shop sehingga mudah sekali kastemer membandingkan harga harga sebelum memutuskan beli atau tidak.
  • besarnya margin profit lebih di aksesoris hp yang bisa 100 persen bahkan lebih , namun juga memiliki potensi masalah di death stock dan jika tidak memiliki menejemen stok yang baik dan ter integrasi dengan keuangan yang baik pasti akan mengalami masalah keuangan.
  • terkait beban tetap biaya operasional yang besar dengan besarnya lokasi juga memiliki dampak yang sekilas sepele namun ketika di telaah mendalam sangat mempengaruhi keuangan.
  • tidak memiliki strategi marketing hanya lebih kepada taktik semisal sebar brosur , buka booth pakai musik teriak teriak agar orang yang lewat mau mampir, menggunakan obral aksesoris, menggunakan sosial media untuk promo
  • strategi marketing yang bisa di bilang sama persis diantara bisnis toko handphone ,sehingga konsumen akan lebih memilih yang banyak diskon yang lokasi toko atau outlet paling menarik , akibatnya yang tidak memiliki strategi in & out akan tergilas.
itu adalah sebagian besar masalah di bisnis penjualan hp atau handphone dan aksesoris, dan ketika ingin meningkatkan penjualan toko hp , maka saya menyarankan untuk mengubah strategi marketing dan sales dengan melakukan pendekatan dobrak marketing yang mengubah cara bermain di level strategi dan taktik.

karena untuk meningkatkan bisnis apapun termasuk bisnis hp , memerlukan analisa mendetil untuk menemukan pola dan keunggulan yang berbeda, melakukan copy paste terbukti tidak efektif dan banyak yang tutup.

Komentar

Postingan Populer