Punya banyak cabang atau banyak bisnis tidak berarti banyak uang

Malam ini saya dari perjalanan sesi coaching dan mentoring di salah satu pemilik bisnis di luar kota malang, beliau memiliki bisnis kuliner , fashion dan juga bisnis jasa. Ada yang menarik ketika kita membahas tentang bagaimana bisnis itu kompleks yang jika tidak memahami maka akan berpotensi menjadi masalah, dimana ada contoh nyata dimana ada pengusaha yang punya lebih dari 4 jenis bisnis namun ketika di lakukan cek kesehatan bisnisnya ternyata mengalami kondisi apa yang saya sebut KANKER Keuangan Kering hehehe dipaksain artinya ya .

Beliau merasa sudah tepat dalam menjalankan bisnis dengan memiliki menejemen yang tertuang dalam strutktur organisasi namun ternyata itu hanya formalitas karena dalam pelaksanaan semua unit bisnis mengalami masalah serius, ingat bahwa apapun bisnisnya mau jualan produk atau pun jasa adalah jika tidak menghasilkan keuntungan yang ber kesinambungan terus menerus maka akan mengalami masalah keuangan serius.

Indikator kesehatan bisnis sederhana , dimana dari mulai anda membuka bisnis misal 3 tahun lalu atau 5 tahun lalu, apakah anda merasa hanya hutang saja yang bertambah dan anda merasakan sering kesulitan dalam membayar cicilan hutang tersebut dan juga operasional bisnis anda, serta semakin lama semakin bertambah tahun bukan surplus namun minus, dan jika ini terjadi kemungkinan besar anda akan bangkrut alias tutup. Punya banyak cabang atau banyak bisnis bukan berarti akan bertambah uang anda, namun seringkali yang bertambah pasti adalah hutang dan stress





Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer