Mengatasi usaha oleh oleh khas malang yang stagnan

Sekitar 1 mingguan lalu saya di hubungi pemilik bisnis kuliner ayam xxxx dan juga pemilik oleh oleh khas malang merek xxx yang ingin berdiskusi terkait mengatasi bisnis kuliner ayam dan juga oleh oleh khas malang, setelah saya datang ke outlet oleh oleh khas malang dan kami berdiskusi terkait bagaimana cara mengatasi usaha oleh oleh khas malang yang stagnan juga usaha kuliner ayam goreng merek xxx yang stagnan.

Saya pernah menuliskan di blog ini prediksi bisnis kuliner yang akan tutup milik artis ibu kota dan memang akhirnya tutup dan juga saya pernah menulis persaingan bisnis kuliner yang sangat kompetitif di kota malang dan malang raya secara luas, beberapa bisnis kuliner yang saya datangi dan saya pengamatan kemudian yang tulis prediksi tutup akhirnya benar benar tutup , padahal saya opening sangat ramai orang, di sosmed juga viral dan bahkan letaknya sangat strategis lalu akhirnya tutup kurang dari 3 tahun bahkan banyak yang kurang dari 3 tahun.

Ada juga bisnis kuliner cafe dan resto yang 5 tahunan sangat ramai lalu akhirnya tutup semua.

Ketika diminta menganalisa ataupun membantu pembenahan dan peningkatan bisnis apapun termasuk bisnis kuliner yang stagnan , maka saya akan melakukan evalausi mendetil terkait bisnis plan dan bisnis map serta strategi dan taktik juga bagaimana cara mereka melakukan eksekusi dan kontrol .

Banyak pemilik bisnis yang kaget ketika saya lakukan analisa dan katakan bahwa bisnis nya tutup jika tidak melakukan perubahan dalam hal marketing dan juga cara menjalankan bisnis.
Pernah saya meminta menceritakan strategi marketing yang dilakukan , dan dijawab strateginya menggunakan sosial media semisal facebook dan instagram , semisal iklan dan endorses ataupun paid promote,saya sampaikan itu bukan strategi tapi taktik berarti anda tidak punya strategi dan hanya ikut ikutan kompetitor yang terlihat ramai penjualannya dan ketika tidak berhasil anda akan bingung kan

Mengatasi usaha oleh oleh khas malang yang stagnan juga perlu strategi bukan hanya tentang iklan online, iklan radio , sebar brosur , pasang spanduk tapi tentang bagaimana strategi di buat untuk mendukung gol, artinya ada perencanaan yang matang.

Pernahkan anda lihat ada bisnis kuliner yang viral di sosmed karena keunikan yang dibuat sampai di liput di televisi dan juga koran yang tidak bertahan dalam 3 tahun sudah tutup? apa yang salah?
Karena marketing bukan tentang facebook dan instagram lebih dari sekadar itu, bahkan saat saya menuliskan artikel ini saya prediksi merek kuliner yang banyak cabang di malang akan tutup dalam 2 tahunan karena mereka hanya bermain di harga murah dan menjual kemitraan untuk menutupi cash flow bleeding, kita tunggu saja.

Komentar

Postingan Populer