Menghadapi setiap permasalah dengan iman ilmu & ikhtiar maksimal

Pertanyaan yang sangat sering ditanyakan kepada saya adala tentang bagaimana menghadapi setiap permasalahan semisal dengan bisnis terlilit hutang riba yang menumpuk ditagih debt collector , ditagih supplier di demo karyawan dan seabrek permasalahan yang seolah saling tumpuk dan menjadikan hidup serasa gelap , dada sempit dan bahkan beberapa yang curhat ke saya sampai mengatakan ingin mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Astaghfirullah , Naudzuillahi min dzalik.

Di kesempatan kali saya sharing berdasarkan pengalaman pribadi yang pernah disituasi tersebut dan saya sangat sangat paham karena pernah mengalami sendiri kondisi tersebut dan memang saya katakan tidak mudah. Namun ketika saya mulai tenang dan memahami ayat yang sangat sangat menginsirasi saya untuk bangkit dari keterpurukan dan lilitan hutang riba dan setelah berhasil saya juga berikan kepada para pengusaha yang juga mengalami kondisi yang sulit mulai dari hutang ratusan juta hingga milyaran bahkan 10 milyar lebih yang Insya Allah dengan menerapkan apa yang saya sharing disini bisa membuat anda yang mungkin butuh motivasi atau pencerahan terkait bagaimana melunasi hutang berapapun itu !.

Hal pertama sekali adalah tentang cara menyikapi masalah , artinya disini apakah anda menganggap masalah ini dari sisi positif (hikmah) atau malah menganggap masalah ini dari sudut negatif yang akan cenderung membuat anda lemah, putus asa dan menyerah, ini adalah sangat penting. saya anjurkan anda membaca al qur'an yang ada terjemahan terkait ayat ayat Allah yang menjelaskan bahwa setiap masalah itu adalah hasil perbuatan diri sendiri ini penting anda pahami!, kemudian dilanjutkan dengan ayat ayat yang menjelaskan bahwa setiap kejadian itu sudah di ukur dengan kadar atau kemampuan yang sesuai dengan kapasitas diri sendiri. 
 
Dilanjutkan dengan ayat-ayat yang menjelaskan bahwa setiap usaha atau action yang kita lakukan adalah bagian dari ikhitiar dan tawakal kepada Allah, dan itu perlu dilakukan dengan cerdas dan totalitas sepenuh hati ikhlas serta tuntas!. Ini adalah fase yang saya sebut memprogram mindset , heartset dan nantinya actionset . Disini sangat penting saya ingin sampaikan kemampuan anda dalam menyikapi masalah akan berdampak kepada actionset atau cara anda menyikapi masalah dan melakukan tindakan yang tepat!. 

Kedua adalah Kemauan berpikir ! ingat kemauan berpikir ini kunci dalam menyikapi masalah dan saya pernah dipesan oleh guru spiritual saya dan ketika saya renungkan benar adanya bahwa selama masih hidup maka manusia akan dihadapkan dengan beragam ujian dan masalah ! bahkan setelah mati manusia juga akan dihadapkan dengan masalah lain yaitu hisab perbuatan selama hidup.

Kemauan berpikir ketika anda tidak memiliki kemauan berpikir maka akan membuat anda lemah dan cenderung untuk pesimis , dan kemauan berpikir ini terhubung dengan cara mengajukan pertanyaan atau selftalk  anda sendiri, ketika anda mengajukan pertanyaan yang salah maka hasil jawabannya salah, contoh pertanyaan kurang tepat atau salah adalah kenapa saya hutang riba tidak lunas lunas , maka bisa jadi jawaban negatif karena sulit dan akan muncul jawaban negatif, ini adalah contoh salah dalam mengajukan pertanyaan , maka anda harus belajar membuat pertanyaan yang berkualitas agar hasil jawabannya juga berkualitas dalam memberikan solusi.

Lalu anda harus memiliki kejelasan apa sebenarnya yang ingin anda lakukan , clarity atau kejelasan sangat penting dalam anda bertindak atau action.
Kemudian hal kedua adalah Leverage atau daya ungkit adalah sesuatu yang bisa menjadi daya ungkit semisal team/staff , investasi dan lain lain. Anda harus menemukan apa yang menjadi leverage atau daya ungkit dalam bisnis anda. Contoh diantara Leverage yang saya sudah sampaikan diatas, leverage lain adalah Marketing & sales . Selama ini kebanyakan pengusaha menganggap bahwa leverage yang sangat penting adalah uang dan hutang, padahal ini tidak sepenuhnya tepat , karena berapapun uang atau modal anda akan habis dan terus menerus akan merasa kurang dan bertambah hutang, anda bisa cari sering saya bahas artikel bahasan ini. 

Marketing itu adalah bagian dari leverage  , secara singkat saya berikan contoh, bagaimana saya membantu pengusaha yang sangat membutuhkan uang Rp 2 Milyar dalam tempo singkat dan saya menggunakan uang Rp 50 juta untuk merancang strategi dan taktik kampanye marketing dan sales, hasilnya ALHAMDULILLAH uang Rp 50 juta tadi memberikan hasil Rp 2 milyar lebih ! dalam waktu kurang dari 2 bulan!, ini yang saya sebut salah satu leverage yang harus anda miliki adalah strategi marketing dan sales.

Dan perlu anda tanamkan dalam diri , bahwa masalah anda bukan masalah besar dan pasti ada orang yang sudah pernah mengalami masalah tersebut dan selesai dengan baik, Dengan Iman ilmu dan ikhtiar maksimal dan tawakal.
Semoga artikel dan kisah kisah ini memberikan motivasi dan pencerahan 










Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer