Tanda tanda kebangkrutan bisnis

saya barusan mendapatkan curhatan di wa dari salah satu pengusaha yang membaca artikel saya tentang bagaimana meningkatkan penjualan bisnis yang terancam tutup alias bangkrut, dan menurut saya ini cukup menarik untuk saya sharing disini sebagai penambah wawasan pemilik bisnis.
ketika saya tanyakan berapa lama bisnis dan disampaikan oleh beliau bahwa sudah berbisnis lebih dari 5 tahun di bisnis dan beliau mengatakan bahwa sedangan mengalami Tanda tanda kebangkrutan bisnis yaitu dimana selalu kekurangan uang cash.

Image result for business failed
kekurangan uang cash itu memang adalah Tanda tanda kebangkrutan bisnis, dan itu tidak terjadi begitu saja atau dalam tempo singkat biasanya adalah rangkuman dari proses kegiatan yang salah atau kurang tepat yang dilakukan selama bertahun tahun.

dan kekurangan uang cash dalam bisnis juga merupakan serangkaian membuat keputusan yang salah, sudah pernah saya tulis kan di blog diantara keputusan yang salah bahkan boleh saya sebut fatal adalah tidak memiliki perencanaan strategi , atau kalau punya strategi tapi tidak melakukan apa yang sudah direncanakan, atau sudah melakukan tapi tidak di kontrol dan di monitor apalagi sudah tepat sudah benar mengarah kepada gol yang sudah di rencanakan.

dan juga hal fatal yang saya temui penyebab bangkrut adalah bahwa pemilik bisnis merasa mampu atau tahu dalam menjalan bisnis namun ketika saya lihat laporan keuangannya merah dan ketika dibuat analisa detil ternyata sudah terbaca akan bangkrut karena kehabisan uang cash.

sudah pernah saya tuliskan di blog ini bagaimana ada pengusaha kuliner yang buka cabang setiap 1 tahun sekali sampai akhirnya tutup, lalu ada pengusaha retail yang buka toko/outlet baru setiap 6 bulan sekali lalu akhirnya saya prediksi tutup dan tutup , dan banyak lagi jenis bisnis lagi.
dalam penjelasan yang saya sampaikan pengusaha yang menghubungi saya berminat untuk mengikuti program intensiv pendampingan bisnis untuk mengatasi kondisi bisins nya dan saya sampaikan fee atau biaya mulai Rp 5 juta sampai 25 juta perbulan.

Komentar

Postingan Populer