Akhirnya bisnisnya tutup setelah tahun ke 9

Saya sudah sering mengatakan dan menuliskan blog bahwa banyak pemilik bisnis yang memiliki bisnis tanpa menyadari bahwa bisnis atau usahanya tersebut akan mengalami masalah sulit dan tidak memiliki persiapan dan pengetahuan terkait hal itu dan akhirnya tutup serta masih memiliki banyak utang riba dan baru menyesali terhadap keputusan yang dibuat selama berbisnis yang cenderung emosional.

bahkan saya pernah menjumpai pemilik bisnis yang sudah 5x buka usaha dan berujung tutup semua usahanya itu dan mengambil modal uang dalam jumlah yang sangat besar.

Hari ini saya mendapatkan kabar dari pengusaha yang memiliki bisnis sudah 9 tahun dan akhirnya tutup, dan ini sudah sering saya tuliskan bahwa apapun bisnis anda , apakah anda  bisnis kuliner, properti kontraktor, developer properti, developer software, fashion dewasa , fashion anak , tour dan travel atau bisnis lainnya maka 96 persen bisnis itu akan tutup tidak bisa melewati tahun ke 10 dan tidak memiliki free cash.

Dan ketika pemilik bisnis mengalami masalah sering kali yang menjadi fokus perhatian adalah menganggap butuh modal tambahan yang kebanyakan adalah pinjaman atau hutang, dan ketika berhasil mendapatkan utang maka teryata tidak membantu membuat bisnis menjadi pulih sehat dan suprlus, pertanyaan saya apakah anda termasuk orang yang mengalami masalah selama bisnis semakin lama semakin merasa capek dan banyak hutang bertambah ? apakah anda sudah merasakan kondisi atau tanda tanda bisnis anda akan tutup?

Komentar

Postingan Populer