80 persen penyebab bisnis UKM tutup karena buruknya menejemen keuangan

Image result for run out cash
80 persen penyebab bisnis UKM tutup karena buruknya menejemen keuangan yang sangat buruk, dan banyak pemilik bisnis UKM yang tidak menyadari hal ini bahwa keberhasilan melewati 10 tahun pertama agar selamat dan surplus diantaranya adalah kemampuan dalam mengelola keuangan yang baik.
Kebanyakan pemilik bisnis UKM menganggap mereka sudah tahu atau mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik , nyatanya sangat buruk dan ini tidak disadari dan ketika terjadi masalah keuangan minus kebanyakan akan panik dan yang terpikir pertama kali di pikiran adalah bagaimana tentang mencari modal tambahan agar bisa menyelamatkan kondisi keuangan ini adalah hal yang sangat sangat fatal! , terbukti ketika pemilik bisnis mendapatkan tambahan modal dari berhutang ataupun menjual aset hasilnya tidak membuat perubahan keuangan menjadi baik justru menggali lubang yang semakin dalam.

Banyak pemilik bisnis yang kaget ketika saya saya tanya kronologis bagaimana sampai memiliki hutang banyak , ada yang menceritakan awalanya bisnis modal uang hutang 200 juta lalu bisnis berjalan nambah jadi 500 juta lalu bertambah dan bertambah hingga lebih dari 3 milyar dan itu tanpa mereka sadari , mereka lupa kalau bisnis ini punya musim dan perubahan market yang tidak tentu , pemilik bisnis lupa kalau bukan mereka saja , satu satunya yang menawarkan atau menjual produk/jasa di market/pasar.

Ketika penjualan semakin menurun pemasukan keuangan berkurang drastis dan hutang semakin menumpuk akhirnya tidak kuat menahan dan tutup.

Saya terbiasa membantu pemilik bisnis yang mengalami kondisi stagnan dan terlilit hutang riba  dengan pendekatan yang sangat simple dengan 3P+1C 

Pertama adalah People siapa saja yang menjadi bagian dari tim bisnis , dan apakah mereka memiliki kapasitas , kompetensi dan karakter yang tepat dengan prinsip PIS (Passion Integrity Skills) , hampir 80 persen lebih People nya tidak memenuhi hal diatas  , coba anda amati bisnis anda , jika anda tidak merasakan masalah dengan TIM atau karyawan atau People ini maka saya ucapkan selamat ! , namun jika anda mengalami masalah maka ini harus anda benahi dengan segera , karena jika karyawan atau people anda tidak memenuhi syarat bisa dipastikan misi anda dalam bisnis akan GAGAL !.

Kedua adalah Process adalah tentang bagaiman business process management yang anda gunakan , ibarat tubuh process ini adalah tentang aliran atau siklus dan mekanisme dalam tubuh yang satu sama lainnya saling berhubungan dan sangat mempengaruhi, ini mirip ketika tubuh anda mengalami masalah dan perlu medical checkup untuk memastikan kondisi tubuh sehat dan fit. Banyak pemilik bisnis yang tidak pernah mengetahui cara melakukan medical check up untuk bisnis mereka , banyak yang tidak tahu bahwa bisnis pun perlu di cek kesehatannya secara berkala.

Ketiga adalah PROFIT , saya sering bertanya apakah tujuan bisnis anda ingin mencari profit atau rugi? Mereka langsung menjawab ya., cari profit pak hehehe, buat apa bikin bisnis atau punya bisnis tidak mencari profit, saya bilang jawaban pintar dan normal hehehe. Masalahnya banyak pemilik bisnis yang sebenarnya dari awal ber bisnis sudah membuat bisnis nya itu tidak profit , lha kok bisa? Iya saya pernah didatangi pengusaha kuliner yang ternyata tidak tahu bahwa keuntungan bersih bisnis kulinernya hanya 5% dan selama ini beliau menganggap keuntungan profit bersihnya bisa mencapai 20% lebih , ini kan kacau dan fatal banget.

Adalagi yang selama 4 tahun lebih bisnis tidak pernah menaikkan harga sedangkan biaya sewa tempat , biaya karyawan, biaya HPP tiap tahun naik , saya tanya kenapa tidak dinaikkan jawabannya tidak berani dan pernah dicoba langsung drop penjualan , maka beliau tidak berani, saya lalu bantu strategi dan ternyata kenaikkan harga tidak mempengaruhi pelanggan kalau tahu ilmu dan strateginya hehehe., coba cek apakah profit anda sudah betul ?

Ke empat adalah CASH ini hal vital , karena banyak pemilik bisnis masih belum tahu beda antara PROFIT dan CASH , dan banyak pemilik bisnis secara diatas kertas membukukan sales dan profit tapi tidak punya uang (cash), mereka tidak tahu bahwa sewa kantor, pabrik, bayar karyawan, bayar lain lain itu harus pakai uang cash tidak bisa pakai lembaran PROFIT hehehe.



Komentar

Postingan Populer