Terbukti cara jitu meningkatkan bisnis kuliner

Beberapa hari lalu saya memposting di IG (instagram) saya coachsantoso terkait testimoni dari salah satu pemilik bisnis kuliner di malang memberikan testimoni bahwa omset penjualannya tembus rekor perhari Rp 5 juta lebih dan ini memecakan rekor sejak tahun 2017 yang omset penjualannya itu mentok di angka keramat sekitar 1 jutaan hingga 2 juta perhari. Beliau ini masih baru sekitar 2 bulan ikut program peningkatan bisnis kuliner yang sudah dirintis sejak tahun 2015.
Dan setelah melakukan analisa area marketing ,branding dan sales maka saya melakukan strategi tes pasar dan setelah berdiskusi intensif tujuan test tersebut adalah ingin mengetahui sejauh mana pasar atau konsumen merespon progam itu, hasilnya beberapa kali di tes penjualan meningkat pesat.

Saya selalu mengatakan bahwa bisnis apapun itu bisa tumbuh jika memiliki penjualan yang terus bertumbuh dan uang masuk dalam bisnis karena ada konsumen yang membeli terus dan terus bahkan sampai loyal.
Anda bisa baca arsip di blog ini terkait elemen penting agar bisnis apapun bisa tumbuh sehat dan kuat bisa melewati fase 10 tahun pertama dengan kondisi keuangan yang sehat.

Dan bisnis kuliner di malang ataupun di kota kota lainnya itu sangat kompetitif, anda bisa perhatikan atau amati berapa banyak bisnis kuliner yang dulu ada kurang dari 2 tahun tutup , bahkan ada yang setelah berjuang hampir 10 tahun akhirnya terpaksa tutup karena minimnya penjualan dan sulit bersaing .
Saya pernah menulis di blog ini dimana saya memprediksi 5 bisnis kuliner di malang, mulai yang jualan ayam, kue, bakso dan makan kekininan tutup tidak sampai melewati 3 tahun bahkan ada yang kurang dari 6 bulan tutup .

Padahal lokasi sangat amat strategis di jalan utama kota malang , interior kekinian dan instram banget lah, bahkan ada yang sangat viral di sosmed banyak endorse tapi tutup tidak sampai 3 tahun .
Malah ada yang brand terkenal yang tutup tidak sampai melewati dengan sukses tahun ke 10.

Marketing yang sering mereka lakukan lebih kepada viral sosmed dan harga lebih murah atau diskon atau promo, semuanya itu tidak salah karena itu adalah bagian dari apa yang disebut marketing namun itu bukan strategi marketing dan ketika itu dilakukan tidak berdampak lama atau malah zonk maka akan terjadi kebingungan, disinilah peran saya selaku orang yang menganalisa dan merancang strategi marketing dan bisnis agar produk itu bisa terserap dan tentunya tidak merugi, karena ada yang melakukan program promo asal balik hpp saja.

Strategi bisnis dan marketing ini memang sekilas dianggap mudah namun kalau mudah maka tentu banyak bisnis yang bisa bertahan 10 tahun pertama hingga 30 tahun dan bertumbuh sehat, tapi yang sering ditemui adalah sudah merasa melakukan strategi bisnis dan marketing lalu tutup serta minus keuangannya.

Perlu anda ketahui marketing, branding dan sales adalah bagian dari BISNIS dan itu bagian yang menghasilkan uang masuk , namun anda juga harus memperkuat area lainnya seperti yang sudah saya sering ulang di blog peningkatan bisnis ini.

Komentar

Postingan Populer