Pentingnya perencanaan bisnis

Pentingnya perencanaan bisnis
Masih banyak sekali saya jumpai pemilik bisnis yang tidak tahu pentingnya perencanaan bisnis bagi keberlangsungan bisnis. Memiliki perencanaan bisnis memaksa anda selaku pemilik bisnis untuk memikirkan APA, BAGAIMANA, KAPAN, MENGAPA, KEMANA dan SIAPA –nya, agar anda punya sebuah catatan tertulis permanen yang akan digunakan untuk mereview atau menengok kebelakang dan mengkasi ulang perjalanan bisnis anda.


Perencanaan bisnis adalah sebuah cara untuk membuat diri anda akuntabel atau bertanggung jawab. Keuntungan besar menjadi bos bagi diri sendiri, adalah bahwa anda tidak harus bertanggung jawab pada siapapun kecuali diri anda sendiri!. Namun hal ini bisa menjadi sesuatu yang fatal kalau anda tidak melakukan penilaian kinerja pada diri anda sendiri.

Sebuah bisnis biasanya ditopang oleh 3 tiang uama : Entrepreneur (pencipta bisnis), manager (implementor) dan team (karyawan). Sebagai pemilik bisnis, anda punya tiga peranan sekaligus dan disinilah pentingnya Perencanaan Bisnis.

Tanpa Perencanaan Bisnis anda tidak akan tahu apakah menejer anda sudah didukung untuk menciptakan arah yang jelas dan mendapat bimbingan yang diperlukan untuk membangun sebuah lingkungan bisnis yang baik.

Ketika anda sedang menjalankan peran sebagai entrepreneur, anda harus memastikan apakah si manager telah secara efektif mengimplementasikan gagasan atau rencana anda? Apakah team anda sudah bekerja dengan efektif dan efisien? Kalau belum, mengapa?. 

Semua akan nampak jelas bila ada rincian catatan mengenai hal hal diatas.
Dari pengamatan dan pengalaman, paling tidak ada lima hal yang membuat anda tidak membuat perencanaan bisnis yang baik , yakni:

  • Terkesan seperti pekerjaan yang menyibukkan dan tidak perlu. Namun perlu diingat bahwa memikirkan dengan cermat atau matang sebelum mengambil tindakan yang tepat adalah hal yang paling sangat berharga yang dapat anda lakukan. Hampir setiap kegagalan dikarenakan kurang cukup matang dalam berpikir sebelum mengambil tindakan , renungkanlah hal ini !.
  • Anda hanya menyiapkan perencanaan bisnis ketika bisnis baru dimulai atau ketika membutuhkan untuk kepentingan mencari investor. Itu tindakan yang sangat tidak benar. Bisnis yang baik punya sebuah perencanaan bisnis berkelanjutan dimana secara teratur dikaji ulang dan diperbarui. Persisnya , mengkonfirmasi ulang visi, misi, outcome dan memperbarui rencana tindakan berlandaskan kajian yang telah dilakukan. Juga dengan mengamati hasil hasilnya selama ini serta menilai setiap aksi dan reaksi dari pelanggan dan kompetitor anda.
  • Anda tidak punya waktu. Ini sebuah pernyataan pembelaan diri yang akan menghancurkan anda sendiri, maka tidak ada alasan tidak punya waktu.
  • Anda tidak tahu caranya. Ini juga alasan yang tidak bisa diterima apalagi di jaman sekarang ini, anda bisa saja mencari tahu cara baik belajar dari internet , ikut seminar , workshop ataupun cara yang tepat dan cepat adalah mencari bantuan orang yang sudah memiliki pengalaman dalam hal ini , anda bisa membayar orang lain untuk membuat perencanaan bisnis anda.
  • Anda merasa hal ini tidak penting. Anda perlu memikirkan kenapa pembuatan gedung bertingkat itu memerlukan perencanaan yang matang? Karena perencanaan bisnis mengurangi resiko yang sangat fatal  kehilangan uang itu pastinya ketika bisnis anda tutup, maka dengan memiliki perencanaan bisnis tidak hanya mengurangi resiko namun juga membantu anda menerapkan rencana atau gagasan anda denga lebih efektif dan terukur!. 
Ini juga berlaku dalam hal militer karena antara dunia militer dan bisnis itu punya kemiripan bahkan istilah penggunaan kata STRATEGI juga diambil dari dunia militer. Semoga bermanfaat dan jika anda mengalami masalah bisnis dan membutuhkan bantuan pendampingan silahkan hubungi nomer wa saya diatas terkait program dan biaya.


Komentar

Postingan Populer