usaha bangkrut karena tidak tahu mengelola

Kemarin sore di jalan kawi tepatnya di moshi moshi ramen saya bertemu dengan klien untuk membahas progress per 14 hari dari program pembenahan, kami makan siang dan sekaligus membicarakan seputar dunia usaha atau bisnis kuliner, karena klien saya juga pengusaha kuliner.
Dalam pembicaraan tersebut saya memberikan fakta di mana banyak usaha atau bisnis kuliner di kota malang dan kota kota lain yang memiliki pola sama yaitu tutup tidak sampai 12 bulan dan banyak juga yang sempat ramai kalau milik artis atau publik figur yang usaha kuliner nya tutup tidak sampai 2 tahun.

Kemudian saya sebutkan salah satunya usaha kuliner yang dekat dengan kami makan siang dimana beberapa bulan lalu masih ada cafe dan resto lalu tutup, padahal lokasi sangat strategis di jl kawi kota malang yang sangat ramai dan padat dan juga menjadi sentra kuliner.

Apa yang menyebab banyak bisnis kuliner tutup ini yang saya bahas, lalu saya jelaskan bagaimana ada pengusaha kuliner yang cerita dulu pernah punya beberapa usaha kuliner yang brand/mereknya sangat terkenal di kota malang kemudian tutup dan meninggalkan hutang, bahkan ada yang sudah 9 tahun merek/brand cafe restonya terkenal kemudian tutup dan saya tahu penyebab utamanya karena owner atau pemilik nya pernah konsultasi untuk pembenahan bisnis , meskipun tidak jadi karena terkait biaya , namun saya mengetahui bahwa penyebab bisnis kuliner bangkrut karena tidak tahu cara bermain dan mengelola bisnis atau usaha kuliner dengan benar.

Meskipun cafe resto tersebut memiliki tim yang terstruktur dan menejemen serta General Manager yang berpengalaman tapi akhirnya tutup karena tidak punya uang cash untuk menjalan operasional bisnis kuliner cafe resto tersebut.

memiliki tim dan menejemen memang diperlukan sebab owner tidak mungkin mengerjakan sendiri, disinilah saya maksudkan bahwa tidak tahu cara bermain dan mengelola bisnis kuliner yang masuk kategori bisnis yang kompetitif.

ada pengusaha kuliner yang sharing ke saya bahkan membuat cafe resto dengan budget diatas 1 milyar dan tutup tidak sampai 12 bulan.

memiliki bisnis apapun termasuk kuliner itu harus mengetahui cara bermain dan mengelola bisnis, di bisnis kuliner rasa enak tidak menjadi faktor penentu pasti sukses , begitu juga di bisnis lain memiliki produk atau jasa yang bagus juga tidak menjadikan pasti sukses bisnis tersebut.

klien saya yang juga pengusaha kuliner tersebut juga menceritakan bagaimana kondisi bisnis kuliner yang sudah dibangun sejak 2015 hingga sekarang dan ketika sudah mulai mengalami kondisi minus lalu memutuskan menghubungi saya untuk program pembenahan bisnis agar bisa menjadi bisnis kuliner yang menguntungkan dan tidak bikin stress serta merepotkan.

maka apapun bisnis nya hal penting adalah anda harus mengenal betul cara bermain dan cara me manage atau mengelola dengan benar , benar ini artinya tersistem terukur dan selalu improve atau lebih baik dari bulan ke bulan dari tahun ke tahun dan indikator penting adalah punya saving uang cash, sebab banyak yang punya bisnis tapi tidak punya saving , yang nambah hanya hutang dan stress saja.

kalau anda sudah bsa mengelola bisnis dengan baik dan punya saving serta tidak stress saya ucapkan selamat  dan bagi anda yang belum maka segera perbaiki dan jika tidak mampu carilah bantuan orang yang memiliki kompetensi atau pengalaman dalam mengatasi bisnis atau usaha yang bermasalah dan terancam tutup alias bangkrut

Komentar

Postingan Populer