Penyebab bisnis bangkrut karena tidak punya laporan keuangan

Diantara Penyebab bisnis bangkrut yang saya sering jumpai ketika memberikan sesi konsultasi pengusaha adalah karena tidak punya laporan keuangan , atau tidak memiliki laporan keuangan yang tidak pernah di fungsikan maksudnya disini tidak di baca dan di evaluasi mingguan dan bulanan karena tidak tahu membaca laporan keuangan.

Saya sampaikan bahwa bisnis apapun intinya adalah menghasilkan keuntungan dan uang cash, maka disinilah saya memberikan edukasi tentang pentingnya memiliki laporan standard keuangan , namun ada pemilik bisnis yang mengatakan takut jika harus memiliki karyawan akunting, saya cukup kaget kok takut pak punya karyawan akunting? dijawab takut usahanya ditiru karena karyawan tersebut tahu berapa modal belanja, berapa untungnya , siapa saja suppliernya dan hal hal rahasia bisnisnya.

Saya jelaskan kalau memilik pola pikir begitu maka tidak akan bisa berkembang , dan seandainya ada karyawan yang tahu rahasia bisnis dan buka bisnis belum tentu sukses, karena bisnis bukan hanya sekadar menjual tapi ada strategi, ada menejemen , ada marketing dan branding, ada leadership dan lainnya.

Singkat cerita saya menawarkan beliau untuk saya ajarin ilmu praktis membaca keuangan versi pemilik bisnis atau business owner , sebagaian acuan dalam membaca kesehatan bisnis karena ingat jika pemilik bisnis tidak tahu tentang laporan keuangan , maka pasti akan tutup alias bangkrut  karena tidak tahu pergerakan uang masuk dan uang keluar , tidak tahu antara profit dan cash in hand , tidak tahu kemana kok suntik modal terus dan lain lain, intinya apapun bisnisnya maka laporan keuangan harus di miliki.

Komentar

Postingan Populer