bagaimana melunasi hutang milyaran

Ketika seorang pengusaha atau pemilik bisnis mengalami kondisi keuangan yang sulit akibat turunnya kinerja perusahaan dan ditambah lagi memiliki utang riba yang jumlahnya besar,tentunya ini bukan hal mudah dan berdampak kepada kondisi kejiwaan yang cenderung menjadi stress.
Maka disini saya berbagi pengalaman tentang bagaimana melunasi hutang milyaran yang mana ilmu atau skills ini sudah saya buktikan sendiri dan juga ketika saya terapkan untuk membantu perusahaan atau pemilik bisnis yang ikut program pembenahan bisnis untuk lunas hutang riba.

Pertama yang harus dimiliki adalah menerima keadaan ini dan menjadikan ini sebagai pelajaran atau hikmah.
Hal ini penting ketika anda tidak menerima kondisi ini maka akan cenderung menyalahkan hal yang terjadi dan bisa berdampak fatal kepada cara berpikir dan bertindak, maka dengan menerima keadaan sedang mengalami kesulitan dan memohon ampun kepada Allah serta melakuka proses analisa diri , baik secara spiritual dan bisnis skills.
Secara spiritual adalah tentang bagaimana ibadah terhadap Allah apakah sudah bagus ? kalau bagus Insya Allah apa yang anda alami hanya ujian , bukan azab Allah dan kemudian dari bisnis skills atau ketrampilan dalam bidang bisnis yang anda geluti juga harus di evaluasi, dari sisi ikhitar apakah anda sudah menjalan bisnis atau perusahaan dengan benar?

Contoh ketika saya banyak membantu menangani perusahaan/bisnis yang mengalami kondisi keuangan sulit , semisal di bisnis mebel, furniture dan springbed , ketika saya melakukan audit dan analisa ditemuka ada masalah stok yang menumpuk dan ini berdampak serius karena stok itu uang yang ditanamkan pemilik bisnis , dan ketika stok itu menumpuk maka disebut uang mati, maka ketika dilakukan strategi dan tindakan sesuai arahan saya , dari stok yang menumpuk bisa menghasilkan uang ratusan juta, bahkan di bisnis lain pemilik bisnis yang memiliki bisnis retail kaget ketika mengetahui uang mati di stok atau inventori mencapai milyaran !

Hal diatas adalah hanya sebagaian kecil dari bagaimana pentingnya memilik ilmu dan pengetahun dalam menjalankan dan mengelola bisnis atau perusahaan.

Kedua adalah doa , ini sangat sangat penting , bacalah doa dan pahami artinya , semisal doa
ari ‘Ali, ada seorang budak mukatab (yang berjanji pada tuannya ingin memerdekakan diri dengan dengan syarat melunasi pembayaran tertentu) yang mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.” Ali pun berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki utang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”

[Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu]

(HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani)


Sumber https://rumaysho.com/9450-doa-melunasi-utang-sepenuh-gunung.html

semoga bermanfaat dan jika anda pemilik bisnis yang membutuhkan bantuan konsultasi dan pendampingan pembenahan bisnis dan lunas utang, silahkan hubungi nomer WA saya , untuk program dan biaya terkait konsultan pembenahan dan peningkatan bisnis untuk lunas utang dan riba.

Komentar

Postingan Populer