mengatasi bisnis yang penjualan minus

Mengatasi bisnis yang penjualan minus dan jika di biarkan akibatnya pasti tutup alias bangkrut.
Baru baru ini saya di hubungi oleh pengusaha yang mencari informasi konsultan bisnis malang dan konsultasi bisnis tanpa riba yang terancam bangkrut di Kota Malang.
Dalam pembicaraan tersebut beliau mengatakan ingin berkonsultasi terkait bisnis beliau di kuliner yang sejak 2 tahun terakhir ini mengalami penurunan penjualan dan berdampak kepada keuangan yang minus.

Begitu beliau menyebutkan kalau beliau punya bisnis dengan merek/brand XXX maka saya cukup terkejut karena brand itu juga saya kenal sebab beberapa kali lewat dan juga terkenal, dalam obrolan santai terkait mengatasi bisnis yang penjualan minus itu saya menanyakan apa saja yang sudah dilakukan beliau dan ternyata beliau ini juga orang hobi belajar dengan ikut banyak beragam seminar dan workshop , namun tidak ada satupun ilmu yang di terapkan dengan tepat dan berdampak , ini sudah pernah saya tulis di artikel dulu ketika saya membuat seminar terkait dobrak marketing untuk mendobrak keuangan bisnis dan hutang anda.

Beliau banyak membaca artikel saya dan mengatakan apa yang saya ceritakan itu di alami oleh beliau maupun kenalan beliau dimana banyak bisnis yang sudah lebih dari 3 tahun bahkan 10 tahun akhirnya tutup dan masih menyisakan hutang, bahkan ada yang seperti saya tulis di blog, dimana ada orang yang sudah 3 x buka usaha kuliner atau non kuliner akhirnya tutup juga.

Saya pernah mengisahkan bagaimana ada pengusaha yang memiliki banyak cabang toko yang menjual gadget dan aksesoris lalu akhirnya tutup, karena tidak memiliki pondasi bisnis yang kokoh dan hanya berfokus kepada sales saja dan itupun tidak terukur, padahal untuk mengatasi bisnis yang penjualan minus dan terancam tutup, tidak hanya di area marketing dan sales.

Memang Marketing itu sangat penting karena berdampak ke sales, namun tahukah anda jika , salah dalam proses bisnis , salah dalam menejemen stok, salah dalam menejemen SDM , Operasional juga bisa membuat bisnis anda minus dan akhirnya tutup pada akhirnya?

Apapun jenis bisnis anda selalu membutuhkan keuangan yang sehat dan ini adalah sebuah rangkaian dari proses bisnis untuk mengatasi bisnis yang penjualan minus


Komentar

Postingan Populer