Sulitnya mendapatkan pelanggan dan menjaga pelanggan


Sulitnya menjaga pelanggan untuk selalu membeli dari anda. Selalu menjadi tantangan dan tugas abadi bagi setiap pemilik usaha, ketika sudah berhasil mendatangkan calon pelanggan dan membuat pelanggan membeli, adalah bagaimana membuat strategi dan sistem agar pelanggan terus memilih anda dan membeli dari anda.

Di era teknologi yang sangat berkembang dengan perkembangan teknologi smartphone yang sudah terkoneksi dengan layanan Internet yang kini menjadi lebih terjangkau. Dan bermunculan platform sosial media seperti facebook, twitter, path, instagram,line, menjadikan pelanggan dengan mudah mencari informasi tentang produk/servis dan membandingkan dengan melalui gengaman tangan.

Dengan banyaknya media on line maka pemilik bisnis semakin harus jeli dalam membuat strategi pemasaran atau marketing on line. Agar bisa menghasilkan keuntungan dan tidak sia- sia.

Ini belum lagi secara off line, semisal brosur, iklan media, baliho, media elektronik dll.

Maka biaya untuk mendapatkan pelanggan baru menjadi mahal dan saat sudah mendapatkan pelanggan lama, anda juga harus punya cara yang efektif untuk maintenance para pelanggan anda.

Bagi pemilik usaha skala kecil dan menengah biasanya tidak terlalu mengerti tentang pentingnya memiliki strategi pemasaran atau marketing yang efektif yang terus bisa menjaga uang agar terus masuk karena penjualan terus ada.

Atau jika mereka melakukan strategi marketing tapi tidak mengukur tingkat efektivitas strategi pemasaran atau marketing yang dilakukan. Semisal memasang iklan di koran, mencetak brosur, pasang baliho, iklan radio,televisi tanpa mengetahui apakah setiap harinya ada respon dan Penjualan dari kegiatan pemasaran atau marketing tadi.

Atau malah ada yang terlalu percaya diri, dengan mengatakan pelanggan akan datang sendiri karena masakan saya enak, produk saya bagus dan laku keras. Sehingga tidak perlu marketing. Alhasil dalam beberapa tahun ternyata tutup karena ada pesaing dengan rasa yang lebih enak dan kualitas serta layanan yang lebih disukai pelanggan.
Dikirim dari ponsel wa 085755333610

Komentar

Postingan Populer