Akibat tidak fokus

Akibat tidak fokus membenahi bisnis / usaha bisa berdampak fatal, yaitu gulung tikar alias tutup karena tidak menghasilkan uang yang cukup untuk operasional usaha / perusahaan.

Jika anda memiliki usaha dan anda masih bekerja maka anda harus fokus terhadap bagaimana membuat usaha anda bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan uang meski anda tidak berada di tempat usaha anda, semisal anda punya usaha kuliner atau laundry di Malang. 

Maka laundry dan kuliner anda harus tetap berjalan meski anda tidak setiap hari di laundry atau di warung/cafe.

Dan itu artinya anda harus membuat sistem anto pilot yang bisa bekerja dengan baik sesuai arahan anda, meski anda tinggal liburan 1 hingga 3 bulan.
Artinya anda harus membuat sistem dan monitoring untuk divisi keuangan,operasional,marketing, hrd . Ini adalah 4 area wajib yang harus berjalan dengan baik.

Terutama marketing, karena marketing bertanggung jawab untuk menghasilkan penjualan. Dan dengan adanya penjualan maka anda punya uang untuk menggaji karyawan, bayar supplier atau vendor.
Semisal anda punya usaha kuliner di Malang maka anda harus selalu waspada dan terus merancang strategi agar usaha kuliner anda bisa bertahan hingga lebih 15 tahun. 

Karena usaha kuliner di Malang ini persaingan cukup ketat banya yang tutup namun tetap saja ada pemain baru.
Coba aja anda perhatikan di Malang atau kota lainnya berapa banyak usaha kuliner yang tidak bisa melewati tahun ke 3.
Kalau pun dipaksakan paling ownernya terlilit hutang dan ini yang bahaya.

Kembali ke fokus dalam bisnis yang saya maksud bukan fokus ngurusi hal hal rutin dan teknis, namun fokus membangun sistem dan merancang strategi.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer