Mengatasi kondisi Cash yang kritis

Saya beberapa kali menangani bisnis atau perusahaan yang ownernya galau atau panik karena kondisinya tidak memiliki uang Cash untuk membayar biaya operasional seperti untuk membayar gaji karyawan, air,listrik,telpon,cicilan,pembayaran supplier/vendor dan biaya lainnya yang wajib harus dibayar.
Dan yang saya temui penyebab utama dari kondisi ini adalah kondisi pembiaran yang berlangsung lama.

Contoh pembiaran yang saya maksudkan disini adalah semisal tidak memiliki sistem monitoring untuk progress sales harian, namun yang lebih kritis adalah tidak memiliki target sales. Sehingga berjalan apa adanya tidak ada upaya untuk growth plan setiap tahunnya.

Memiliki target sales sangat penting karena tanpa target atau gol berapa penjualan dan uang yang harus dihasilkan maka ini sama dengan secara tanpa sadar anda menyiapkan kebangkrutan. Yang biasanya akan tergoda untuk terus menerus mencari pembiayaan dengan hutang dan hutang lalu terlilit.

Hal sederhana seperti memiliki target sales dan selalu memonitor progress pencapaian dan berupaya untuk mencapai target penjualan.
Tanpa memiliki tujuan atau target ini sama anda naik taxi dan saat ditanya sopir taxi, mau kemana pak/bu. Lalu anda mengatakan jalan saja pak mutar mutar kota sampai bensin habis.

Saya pernah diminta oleh pemilik usaha untuk membantu solusi ini. Dan begitu saya temukan tidak memiliki marketing plan dan target penjualan, maka saya meminta komitmen ownernya untuk ikut aktif dan totalitas membantu saya menemukan solusi tercatat. Sebab tanpa keterlibatan ownernya mustahil bisa berjalan dengan baik.

Setelah mendapatkan komitmen dari ownernya dan mulai diskusi membuat strategi dan perencanaan hingga action. Langkah berikutnya adalah memastikan semua team marketing & sales memiliki kompetensi untuk melakukan strategi yang sudah dibuat.

Memberikan suplemen dan vitamin kepada team baik dalam bentuk motivasi juga reward & punishment adalah hal penting, terutama tentang motivasi bahwa bekerja bukan hanya tentang uang namun juga ibadah kepada Allah. Jadi harus dilakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas agar hasilnya maksimal

Hal yang paling mengharukan saya adalah saat saya mendapatkan kabar bahwa sudah mulai meningkat penjualannya, sudah tambah solid teamworknya. Kalo sudah begitu rasanya plong hati saya,semua kerja keras terbayar. Dan saya mengucapkan selamat kepada owner dan seluruh team yang bekerja dengan giat,efektif dan solid untuk mewujudkannya.

Sekali lagi anda harus merubah mindset dan cara melakukan untuk mendapatkan hasil yang berbeda.

Komentar

Postingan Populer