Hal yang paling sulit saat membangun bisnis

2 pertanyaan yang selalu saya tanyakan ke banyak komunitas pengusaha.
1. Saat mendirikan perusahaan/bisnis baru, bagian apa paling sulit ?

2. Asset apa yang paling berharga dan harus dijaga?
1 jawaban utk 2 pertanyaan dan ini juga bisa jadi strategi how to debt free.

Saya akan kasih prolog untuk menemukan jawaban melalui sekilas bahasan

7 P marketing

P. Produk / jasa yang dibutuhkan oleh....untuk menyelesaikan masalah...atau memberikan perasaan kenikmatan/kesenangan/kebahagiaan...

P. Price bagaimana..... bisa menerima harga yang ditawarkan sehingga perusahaan bisa menghasilkan uang dari.... yang membeli

P. Promotion adalah tentang cara membuat....mengenal produk/jasa yang dimiliki oleh perusahaan, dengan mengkomunikasikan secara tepat melalui channel marketing semisal iklan,pameran dll yang bertujuan merangsang....untuk membeli produk/jasa yang dimiliki.

P. Place dimana menjual produk/jasa. Ada bisnis yang membuka layanan penjualan di mall, kios pasar, ruko, kawasan perumahan dll. Semisal bisnis yang melayani..... dengan mendatangi langsung melalui team sales, bisa juga dengan mengirim katalog surat atau via on line. Tujuannya untuk menjangkau.... dengan banyak cara

P. Packaging bahwa menurut penelitian impression selama 30 detik akan memengaruhi keputusan.....untuk membeli atau tidak, ada sebuah tes sederhana bawalah uang dengan jumlah diatas Rp 1 juta atau kartu kredit lalu anda masuk ke mall/hypermarket/supermarket maka 90% pikiran anda tergerak untuk membeli produk yang dipajang/display dengan packaging yang menarik dan akhirnya sebagian besar membeli setelah melihat packaging yang menarik plus tulisan diskon xxx.

P. Positioning adalah bagaimana posisi anda di hati dan pikiran......anda. Bagaimana.....berbicara dan berpikir tentang anda. Untuk Iwakkoi positioning yang berusaha ditancapkan adalah. Koi expert, spesialis kolam, terlengkap dan pelayanan yang memuaskan.....
Untuk ilalang harus digali tentang apa yang membuat beda dgn yang lain.
Untuk mas nanang positioning nya sama dengan tagline nya yaitu. Ahli CCTV bahkan sampai dapat panggilan nanang ahli cctv. Karena...senang dan percaya berbisnis dengan yang expert / ahli dibidangnya.

P. People memiliki karyawan yang bekerja dengan semangat serta selalu antusias melayani.... bisa menciptakan magnet yang kuat agar....selalu ingat akan pelayanan yang menyenangkan. Kesalahan bisa saja terjadi namun dengan karyawan yang tahu cara menangani komplain semisal ucapan minta maaf yang tulus dan sikap melayani, malah membuat.... akhirnya menjadi loyal. Meski anda menjual lebih mahal dibanding kompetitor.

3 hal yang akan selalu dibutuhkan setiap bisnis apapun bidangnya

1. Mendapatkan pelanggan baru
2. Membuat pelanggan.lama datang dan bertransaksi lagi dan lagi
3. Membuat sistem agar para pelanggan mereferensikan bisnis (produk/jasa)

Ketiga hal diatas itu harus menjadi perhatian serius apapun bisnis anda, dan semakin besar perusahaan atau bisnis anda, maka tentu strateginyanya berbeda tapi tetap golnya itu ,baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Komentar

Postingan Populer