Bangkit dari bangkrut

Bangkit dari bangkrut
Saya sharing waktu sesi 2 malam 1 hari dengan mas nanang pengusaha dari jakarta yang datang ke malang utk program coaching, beliau pernah terpuruk dan bangkit lagi lalu sekarang terpuruk lagi dan butuh. Di dampingi agar Insha Allah segera debt free.

Diantara yang dibahas adalah mengenai gimana bayar hutang, gimana dapat modal lalu gimana cara agar tidak ter ulang lagi terperosok ke hutang lagi. Dan tentang memanage bisnis dengan cerdas dan efektif serta bisa berjalan tanpa owner tetap menghasilkan laba.

Gimana bayar hutang jawabnya sederhana semua pasti tahu yaitu ya dibayar. Hehe, cuman kebanyakan pengusaha cara bayarnya pake hutang lagi itu yang masalah. Ada banyak strategi diantaranya di sesi Hot seat saya jelaskan semisal dengan reset dan memperbaiki akad, lalu di geberrrrr strategi marketing untuk menghasilkan sales tulisan sales yang tepat itu Sale$ artinya menghasilkan uang.

Lalu dapat modal dari mana? Untuk jenis beliau setelah saya analisa business process ternyata malah bisa, tanpa modal uang! .secara siklus garis besar sesuai bisnis beliau pemasangan Cctv dan Network/fo. Itu saat klien deal DP 50% dan dari dp itu, 30 % utk modal kerja semisal tukang. Sedangkan peralatan cctv dll. Bisa ke supplier dan bayar mundur 1 bulan bahkan bisa 2 bulan.

Dari sini modal hutang harusnya gak perlu, namun seperti yang saya duga penyebab hutang dan riba adalah

Terlalu kreatif dalam memutuskan membuat unit bisnis baru/launching produk baru tanpa riset, planning dan progress reporting mingguan. Ini penyakit yang sering ditemui. Berapa banyak bisnis dengan produk unik namun gak laku akhirnya ga ada pemasukan dan tutup kantor/pabriknya. Unik /inovatif yess sangat perlu namun ada catatan penting "Harus Terjual".

Kemudian membuat sistem bisnis agar bisa terus bersaing dan tumbuh,dengan menerapkan strategi dan upgrade ilmu. Karena bisnis yang tergantung kehadiran owner bisa dibilang bukan bisnis. Bisnis harus bisa berjalan tanpa owner terlibat langsung mengurus hal semacam teknis.

Bisnis berjalan karena diatur oleh sistem dan sistem dijalankan oleh karyawan. Contoh sistem sederhana adalah lampu lalu lintas, bagaimana semua pengendara patuh jika lampu merah berhenti dan jika hijau berjalan. Jika sistem tidak jalan cek apakah memang system nya tidak efektif atau orang2 nya yang tidak punya perilaku yang sadar dan taat aturan hingga main selonong boy.

Catatan:
Untuk Frydy dan sachi. Di next meeting untuk mulai tertib kirim report sales dan action plan serta kendala2 yg dihadapi.
Karena tanpa report progress akan sulit mengetahui sejauh mana pencapaian dan hal2 apa yang menjadi kendala utk dicari solusinya.

Komentar

Postingan Populer