Pingin bunuh diri gara gara hutang riba

Pengusaha yang menghubungi saya ini mengalami masalah yang kompleks dan lebih ke faktor batin / psikologi , kalau dari jumlah hutang riba bisa di bilang tidak terlalu besar karena banyak yang hutang riba nya jauh lebih besar dari beliau namun tidak sampai mengalami keadaan psikologis seperti ingin bunuh diri .

Saya langsung sampaikan kepada beliau ? apakah kalau bunuh diri itu menyelesaikan masalah? Justru ibu akan mengalami masalah yang lebih berat karena menempuh jalan kematian yang dilarang oleh semua agama. Apalagi di Islam jelas jelas ganjaran adalah azab dan neraka.

Masalah bisnis dan hutang itu biasa dan jika dirunut semua juga karena kesalahan sendiri yang lebih mementingkan ego dan nafsu , belum mampu renovasi rumah bagus dipaksain hutang  riba bisa renovasi, belum mampu beli mobil baru , di paksain hutang riba beli mobil, belum mampu buka bisnis baru di paksain buka baru.

Saya nasehati beliau bahwa agama Islam itu luar biasa dibekali Al Qur'an dan hadits serta kisah kisah penyembuh hati atau jiwa, saya sarankan baca ebook terkait lunas hutang modal iman ilmu dan ikhtiar langit dan bumi, sebagai langkah awal untuk membenahi bisnis dan melunasi hutang dengan percepatan iman ,ilmu dan ikhtiar.
Ada di jelaskan kenapa bangkrut dan kenapa sudah lunas hutang riba dan cara petunjuk menerapkan iman ilmu dan ikhtiar langit dan bumi.

Ketika anda menjadi pelaut maka anda harus bersiap menghadapi ombak dan badai. Tidak mungkin anda berdoa untuk menghilangkan ombak dan badai itu sunnatullah.
Anda harus berdoa diberikan ilmu dan kekuatan agar menjadi pelaut ulung begitu juga dalam menghadapi masalah bisnis .

CoachSantoso.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer