Waspada sebelum pailit

Ada sebuah kisah nyata dimana seorang pemilik perusahaan percetakan dan sablon yang selama 15 tahun beroperasi menjadi market leader dengan kualitas yang sudah terbukti didukung mesin mesin buatan Eropa, namun suatu ketika pengusaha ini merasakan bahwa terjadi penurunan omset dan profit yang signifikan dalam 2 tahun terakhir, dan ketika dilakukan analisa serta evaluasi berdasarkan data ternyata ditemukan fakta membanjirnya mesin mesin murah dari cina dan menjadi pengusaha bidang ini tidak lagi butuh modal besar karena hadirnya inovasi mesin cetak dan sablon murah dari cina.

Awalnya pengusaha percetakan dan sablon tidak mau merevisi target market dan tetap bersikukuh dengan prinsip target market lama dan mengutamakan kualitas namun ketika di berikan pertanyaan apakah dampak dari sikap bapak? Setelah pengusaha tersebut paham untuk mulai merevisi target market dan dibuatlah strategi pendukung dengan membeli mesin yang bisa memberikan kualitas lumayan namun tetap tidak menggunakan mesin cina , melainkan buatan thailand . Dengan harga terjangkau dan hasil lebih baik dibanding mesin cina.

Setelah merevisi target market dan terjadi peningkatan kembali omset dan profit, study case ini hampir mirip ketika beberapa hari lalu diskusi perihal kompetitor Laksmi.

Maka setelah di analisa masuk ke area bukan direct competitor tapi subtitute competitor, lalu dibuat strategi dan action plan untuk ikut masuk area subtitusi produk.

Ketika Garuda melihat marketshare target market penerbangan menengah ke bawah cukup menjanjikan mereka meluncurkan citilink.

Menganalisa pergerakan market/pasar sangat penting apakah penurunan omset karena mulai banyak muncul direct competitor atau indirect competitor?. Perubahan (inovasi) akan selalu muncul jadi persiapkan selalu dam peka terhadap perubahan.

Tidak perlu panik , selama anda tampil unik dan memberikan banyak benefit sehingga konsumen tidak sayang mengeluarkan duit dan bisnis insya Allah terus menghasilkan profit dan anda bisa segera lunasi semua kredit 😇😊.
Serta pikiran tidak sakit dan kena rematik yg rasanya melilit

Komentar

Postingan Populer