Bisnis keluarga tutup akhirnya karena tidak ada aturan main jelas

Bisnis keluarga tutup akhirnya karena tidak ada aturan main jelas.

Bukan hal pertama kali ketika ada yang mengisahkan terkait masalah bisnis yang dibangun oleh keluarga yaitu oleh generasi pertama dan akhirnya tutup karena tidak mau berubah atau tidak mau merubah ke menejemen yang profesional dalam artinya memiliki aturan main yang jelas (ROTG).

Hal ini juga pernah saya alami ketika ada bisnis bidang kontruksi yang di dirikan oleh keluarga dan persahabatan setelah tahun ke 10 akhirnya tutup.

Sebab utamanya adalah karena dalam menjalankan bisnis tidak memiliki aturan main yang jelas, mana yang boleh mana yang tidak dan tegas !.

Bayangkan aja ada permainan bola yang tidak ada aturannya pasti akan bentrok antar lawan! jadi bukan lagi olah raga tapi adu jotos, dalam setiap permainan olah raga apapun pasti punya aturan main yang jelas di sepakati .

Contoh hal fatal dalam bisnis keluarga yang tidak ada aturan main adalah penggunaaan keuangan dan disiplin serta tanggung jawab, ini akan sangat fatal dan sudah saya buktikan dan saksikan bisnis yang awalnya bagus dan tumbuh akhirnya tutup!.

Bisnis dengan prinsip kekeluargaan bukan tidak boleh, namun harus di ikutin oleh aturan main yang jelas dan tegas.






Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer