Banyak bisnis kuliner yang tutup kurang dari 3 tahun

Saat saya menuliskan ini saya sedang mereview salah satu bisnis kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dan saat ini sedang masuk program coaching, mentoring dan konsultasi untuk memperbaiki kondisi bisnis dan memperkuat keuangan bisnis kuliner tersebut agar bebas dari hutang dan riba serta punya kekuatan keuangan yang bagus.

Dalam mengembangkan bisnis apapun termasuk bisnis kuliner kebanyakan pemilik bisnis terlalu optimis dan bermodal nekat dan cenderung emosional dalam menjalankan bisnisnya, sudah beberapa kali saya tulis kenapa banyak bisnis yang awalnya sangat luar biasa penjualannya lalu semakin menurun dan akhirnya tidak mampu bertahan lalu tutup.

Bisnis kuliner termasuk bisnis yang sangat kompetitif karena banyak pemain yang ingin masuk di bisnis kuliner sebab bisnis ini dikenal tanpa memiliki musiman sebab setiap orang pasti butuh makan dan minum . Namun hanya 1 persen sampai 3 persen yang bisa bertahan melewati 15 tahun , selebihnya bertumbangan kurang dari 5 tahun dan ada yang memaksakan diri untuk bisa bertahan dengan hutang dan akhirnya tumbang tidak kuat sebelum 10 tahun pertama.

Renungkanlah apakah anda saat ini sudah menjalankan bisnis dengan baik dan menghasilkan uang , bukan hutang riba ? jika sudah maka pertahankan dan terus tingkatkan karena bisnis semakin tahun semakin tertantang perubahan . jika belum maka segera berubahlah jalankan bisnis dengan bisnis skills yang dibutuhkan





Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer