Persaingan bisnis toko handphone dan aksesoris di malang dan kota lainnya

Persaingan bisnis toko handphone dan aksesoris di malang dan kota lainnya

Saya melewati jalan yang dulunya pernah ada toko handphone yang sangat ramai sekitar 2 tahunan lalu, namun hari ini saya lihat tutup dan sudah di ganti dengan bisnis lainnya, agar saya tidak penasaran saya mampir di warung yang berdekatan dengan toko handphone dan aksesoris tersebut, dan sambil memesan masakan kesukaan saya adalah sayur sop dan ikan pepes pindang tempe goreng serta teh tawar hangat , saya menanyakan kepada pemilik warung terkait toko handphone yang dulu sekitar 2 tahunan lalu cukup ramai. Dan pemilik warung tersebut mengatakan kalau toko handphone itu sudah tutup sekitar dua bulanan dan sudah ganti pemilik.


Terkait ini saya pernah menuliskan kisah ketika mengaudit bisnis handphone di malang yang waktu itu pemilik bisnis punya banyak toko handphone di malang raya dan bahkan di luar kota malang.


Persaingan bisnis handphone dan aksesoris di malang sangat kompetitif dan memang ada beberapa pemilik toko handphone yang membuat beberapa outle atau cabang dengan satu brand , namun ada juga yang membuka toko penjualan handphone dan aksesoris dengan banyak dan berbeda brand atau nama.


Yang menarik adalah ketika saya memprediksi kebangkrutan sebuah bisnis adalah dengan melihat pola percepatan keramaian yang saya identifikasi hanya bersifat sementara yaitu ketika ada promo dengan menerapkan strategi yang terkait dengan jual lebih murah . Dan ketika ini dilakukan tanpa tujuan dan perhitungan maka akan mengalami masalah ketika kastemer hanya belanja atau membeli ketika ada promo saja, padahal promo yang berkaitan dengan harga sangat sensifit terhadap keuangan bisnis. 



Saya malah pernah melihat dimana orang buka bisnis handphone dan aksesoris tidak bertahan 6 bulan. Ada yang bertahan karena suntikan modal , hal ini pernah disampaikan oleh salah satu pengusaha yang membuka bisnis kuliner oleh oleh yang menceritakan pernah buka toko handphone dan aksesoris lalu tutup dan masih menumpuk stok barang lama nya






Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer