Perjalanan bisnis itu perjalanan lika liku yang penuh hambatan

Perjalanan bisnis itu perjalanan lika liku yang penuh hambatan ini saya sampaikan ketika kemarin sehabis sholat ashar bertemu dengan pengusaha properti yang juga pernah bekerja di perusahaan perbankan nasional dengan jabatan terakhir sebagai pimpinan cabang.

Beliau memiliki bisnis atau usaha di bidang properti saat ini, dan sebelumnya pernah punya bisnis bimbingan belajar , laundry dan juga ada yang lainnya semuanya tutup dan kini beliau ber fokus ke bisnis properti syariah tanpa riba.

Beliau menghubungi saya terkait kondisi ada masalah bisnis properti yang sedang di kerjakan saat ini, dan kami berdiskusi dan sampai pada bahasan saya sampaikan bahwa bisnis itu perjalanan lika liku yang penuh hambatan, bukan perjalanan yang lancar tanpa kendala , dan seorang pengusaha akan mendapati keadaan dimana ia akan sampai dengan selamat setidaknya melewati 10 tahun pertama dulu dan dengan keadaan sehat wal afiat :).

Sedangkan ada banyak yang gagal karena kehabisan tenaga , modal dan capek pikiran, dan ada juga yang menyerah tidak sanggup lagi mengikuti ritme dunia bisnis yang terus berubah bahkan kerap berubah dengan sangat cepat, dimana perusahaan atau bisnis yang 10 tahun lalu menjadi market leader lalu tiba tiba di hempaskan dalam permainan bisnis

Saya ada ulas 8 hal yang harus di kuasai bagi pemilik bisnis yang ingin bisnisnya bisa sampai melewati 10 tahun pertama, 10 tahun kedua dan seterusnya.
Tidak cukup hanya nekad atau optimis buta, target boleh tinggi namun untuk mereleasisikan target atau impian itu anda butuh PROSES yang TEPAT yang mengarahkan kepada GOL atau impian anda.

Dan banyak yang akhirnya stress atau menyerah karena tidak menghadapi kenyataan bahwa segala kesuksesan dalam bisnis itu butuh PROSES, SKILLS DAN SABAR . Anda ingin sangat punya anak lalu begitu istri anda mengandung (hamil) dan anda berusaha mempercepat kelahirannya dari 9 bulan menjadi 2 bulan , apa yang akan terjadi !?  kematian !

Ada harga yang harus dibayarkan untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis , waktu, pikiran , tenaga dan tentu materi (uang)







Penulis Blog
Si Pembebas Hutang Riba
Coach Abah Anto

Komentar

Postingan Populer