Manfaat briefing sebelum bekerja

Masih banyak yang belum tahu manfaat briefing bagi bisnis atau belum tahu cara membuat briefing yang efektif. Hal ini sering saya jumpai dimana para pengusaha masih menganganggap briefing sebelum bekerja itu tidak penting dan juga ada yang belum tahu, gimana sih cara membuat briefing yang efektif.
Briefing berbeda dengan meeting, sudah pernah di tulis juga di blog ini terkait jenis meeting tujuan dan metodenya.

Briefing idealnya 10 menit sampai 15 menit maksimal karena tujuannya lebih kepada melakukan detoksasi :) karyawan/staff yang baru sampai di kantor agar saat akan memulai aktivitas kerja menjadi siap karena di kondisikan melalui briefing pagi atau sore jika ada shift sore.
Isi briefing meliputi
1. Memberikan pengarahan intruksi tentang poin poin penting, jika departement safety maka akan mengulang ulang perial gol atau tujuan safety, disini tidak ada pembahasan panjang karena bukan meeting, intinya lebih kepada mengingatkan dan menyampaikan hal hal penting,tapi tidak untuk di bahas mendalam, karena bukan meeting.
2. Melakukan doa bersama sebelum bekerja untuk keselamatan dan keberkahan dalam bekerja
3. Bersama sama mengucapkan yel yel , misal nama usaha , menjadi terbaik tahun ini , atau nama divisi siap melayani sepenuh hati dan lainnya sesuaikan dengan visi misi perusahaan dan divisi

3 point diatas sederhana dan bisa memompa tim / karyawan sebelum mulai aktivitas, dalam briefing di usahakan berdiri karena saat berdiri pikiran lebih fokus dan tidak mengantuk, akan lebih baik jika bisa di halaman terutama ketika pagi karena sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan, namun jika tidak di mungkinkan diluar ruangan maka lakukan di dalam ruangan.
Pemimpin briefing bisa di gilir untuk memberikan kesempatan semua orang belajar menjadi leader dan memupuk perasaan spirit 1 tim 1 tujuan.

Seringkalinya masih tercampur ada briefing yang sampai 30 menitan sehingga menganggu jadwal pekerjaan yang harus segera dilaksanakan maka 10 menit jika efektif itu sudah cukup, dampak yang bisa di lihat dari penerapan briefing yang tepat adalah kinerja perusahaan menjadi bagus dan kebersamaan antar karyawan terbangun sehingga menciptakan suasana kerja yang kondusif, ibarat kapal yang berlayar maka semua awak kapal kompak dan tahu fungsi tugas masing masih serta saling melengkapi atau saling dukung atau saling support, apakah anda sudah menerapkan tool atau alat bantu briefing dalam bisnis anda? Kalau belum segera lakukan

Komentar

Postingan Populer