Bisnis tidak berkembang karena owner kurang fokus

Di tulisan artikel yang ke 286 ini berjudul Bisnis tidak berkembang karena owner kurang fokus.
Ketika pengusaha yang datang kepada saya untuk menyampaikan permasalah bisnisnya yang stagnan bahkan cenderung turun dan ketika kami lakukan pemetaan ternyata diantara faktor yang menonjol ditemukan penyebab Bisnis tidak berkembang karena owner kurang fokus dalam bertindak, sering berubah pemikiran dan memerintahkan karyawan untuk segera merubah rencana atau program yang belum 1 minggu, sehingga mengakibatkan karyawan kebingungan dan berpikir atasannya plin plan dan hanya bikin capek ga jelas. Ada lagi tipe owner yang kurang fokus terhadap memonitor progress program dan strategi yang telah disepakati, sehingga ketika sudah dijalankan karyawan bingung , karena tidak ada evaluasi dan setelah beberapa bulan baru ditanyakan dan disuruh mengulang lagi.

Banyak sekali masalah masalah Bisnis tidak berkembang karena owner kurang fokus dalam mengelola bisnisnya, padahal dinamika saat ini perkembangan atau trend sangat cepat, seringkali produk yang dulu merajai pasaran lalu dalam hitungan bulan ditinggalkan konsumen, pertumbuhan persaingan bisnis juga sangat cepat beda dengan 15 tahun lalu, karena semisal orang ingin buka usaha kuliner maka cukup dengan googling dan youtube mereka bisa membuat menu kuliner yang mereka inginkan.

Bagi anda yang merasa usaha atau bisnis anda tidak berkembang cobalah melakukan intropeksi diri sendiri, apakah anda sudah efektif dalam mengelola bisnis atau usaha anda? Apakah planning atau perencanaan yang sebelumnya sudah ditetapkan bisa ter eksekusi 100 % atau berjalan dengan sesuai harapan anda, atau malah banyak perencanaan dan program yang diatas kerja sangat bagus namun lemah di eksekusi, kontroling dan monitoring?

Saya teringat pepatah dari seorang legenda beladiri dunia yaitu brucelee  yang mengatakan "Saya lebih takut kepada seorang yang melatih 1 jurus tapi dilakukan 1000 x, daripada seorang yang mempunyai 1000 jurus namun hanya dilatih 1 x lalu ditinggalkan".

Ketika sebagai owner anda tidak fokus dan tidak pernah tuntas dalam menyelesaikan program dan perencanaan maka itu akan membuat bisnis anda dalam masalah berat, misal anda punya rencana membuat strategi marketing dengan 2 program , namun belum ter eksekusi dengan baik, tidak di monitoring tidak di kontrol lalu tiba tiba anda sudah ganti lagi maka anda sudah melakukan kesalahan fatal, cobalah anda pegang suryakanta atau kaca pembesar lalu anda fokuskan untuk membakar kertas dengan sinar matahari , jika anda goyang goyang maka meskipun kertas setipis tisu tidak akan terbakar , namun coba anda diam dan fokus menjadi titik maka pasti kertas itu terbakar.

Jangan tunggu lama lama untuk berubah , perhatikan dengan cermat gaya anda dalam memimpin dan mengelola bisnis karena Bisnis tidak berkembang karena owner kurang fokus, semoga bermanfaat dan silahkan share

Komentar

Postingan Populer