Iklan Facebook tidak efektif ya

Sesuai Judul Iklan Facebook tidak Efektif Ya. Kali ini saya ingin sharing pembicaraan dengan salah satu pengusaha yang mengikuti program pembenahan bisnis dan peningkatan bisnis. Beliau mengatakan bahwa sudah keluar budget lumayan untuk iklan di facebook namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, beliau mengatakan awalnya menganggap bahwa karena nilai budget atau biaya iklannya rendah atau minim yang menjadi penyebabnya kemudian ditingkatkan dari 1 juta menjadi 2 juta menjadi 3 juta dan seterusnya, namun ketika di analisa ternyata masih jauh dari target , sehingga muncul pernyataan kalau Iklan di Facebook tidak efektif ya pak.

Lalu saya memberikan penjelasan bahwa Facebook, Instagram, Youtube, Twitter , Email adalah media sarana untuk memperkenalkan dan mengkomunikasikan produk dan jasa kepada konsumen yang menjadi target market.
Misal ada 1000 penjual tas dan fashion di seluruh indonesia yang menjual produk dan mengiklankannya di Facebook , apakah ke 1000 orang penjual tas dan fashion tadi akan mendapatkan penjualan yang sama?
Apakah 1000 orang penjual tadi akan selalu di borong oleh pengguna facebook?
Jawabannya tentu tidak.

Ketika 1000 orang penjual tas dan fashion tadi ber iklan di facebook atau instagram , hasilnya tiap orang berbeda beda, dan belum tentu bahkan seringkali dijumpai yang mengeluarkan budget iklan lebih banyak akan menghasilkan penjualan lebih banyak ! .Malah ada yang budget iklannya hanya kurang dari 500 ribu namun penjualannya di facebook sangat luar biasa, itu pernah saya terapkan waktu memberikan strategi private facebook marketing .

Ketika iklan di facebook tidak efektif maka harus di cari tahu penyebabnya, sebenarnya di facebook atau di dunia online sudah ada tools tools yang bisa memberikan riset dan data data terhadap efektifitas iklan.

Cek lagi strategi anda
1. Target marketnya harus jelas
2. Tujuan atau gol iklannya harus jelas
3. Cara membuat iklan anda lebih dominan dibandingkan ribuan kompeitor juga harus jelas
4. Cara tes dan ukur atau splitting harus jelas
5. Improvement nya juga harus jelas .

Jadi bukan facebook yang kurang efektif, namun perlu evaluasi yang mendalam, ini sama dengan iklan di media koran, di brosur, spanduk dan offline lainnya , jika tidak menghasilkan penjualan maka yang salah bukan korannya, bukan brosurnnya karena itu semua hanya wadah , sarana dan media komunikasi, yang paling penting bagaimana anda membuat strategi dan eksekusi serta monitoringnya

Komentar

Postingan Populer